Program Pendidikan Guru Bergerak Tingkatkan Kemajuan Pendidikan Kabupaten Kuningan

Kategori: 

Kuningan,- Pembukaan Lokakarya dua, angkatan tiga Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Kabupaten Kuningan mengembangkan Komunitas Belajar ditandai dengan Penyerahan secara simbolis APD oleh Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH., MH. Sabtu, (2/10/2021) disalah satu Hotel Kuningan yang mengusung tema “Mengembangkan Komunitas Belajar”.

Pada kesempatan ini Bupati menyampaikan, kegiatan ini sejalan dengan Visi Kuningan MAJU (Makmur, Agamis, Pinunjul) berbasis Desa Tahun 2023 yang mencakup salah satunya manajemen layanan pendidikan yang merata, adil, berkualitas dan berkelanjutan dalam menciptakan SDM yang sajati.

“Adanya Program Pendidikan Guru Bergerak, semoga bisa melahirkan pemimpin pembelajaran yang menerapkan merdekaan belajar dan menggerakan seluruh ekosistem pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang berpusat pada murid, sehingga mampu membawa kebangkitan dan kemajuan pendidikan Kabupaten Kuningan menuju Kabupaten Pendidikan,” ujarnya.

Kemudian, menurutnya, PPGP bertujuan meningkatkan kompetensi kepemimpinan guru, sehingga dapat menghasilkan profil guru penggerak untuk mengembangkan dan memimpin mewujudkan visi satuan pendidikan yang optimal proses belajar peserta didik ,dengan berpihak pada peserta didik dan relevan sesuai kebutuhan komunitas di sekitar satuan pendidikan.

“Saya mengapresiasi kepada saudara yang sudah berjuang mengambil peran menuju transformasi pendidikan Indonesia, yaitu transformasi pendidikan untuk pembelajaran yang berpihak pada siswa dan pembelajaran yang merdeka. Semoga dari 90 calon guru penggerak di Kabupaten Kuningan setelah mengikuti kegiatan selama sembilan bulan bisa lulus menjadi guru penggerak,” tuturnya.

Sementara, Koordinator Kelompok Kerja Peningkatan Kompetensi PPPPTK TK & PLB, Dr. Hermansyah, M. Pd. menyampaikan, kegiatan ini untuk salah satu cara dapat mengembangkan para murid melalui gerakan komunitas praktisi belajar yang sama-sama mengusung, berkomitmen, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didik.

“Saya yakin ibu dan bapak mampu untuk melaksanakan kegiatan ini, karena Program Pendidikan Guru Penggerak semua berkesempatan untuk menunjukan rencana kedepan dalam menggerakkan seluruh komunitas yang ada di sekolahnya masing-masing. Tantangannya adalah satuan pendidikan, nanti ibu dan bapak akan diajak menggerakan komunitas praktisi yang lebih luas dibidang pendidikan termasuk di Kabupaten Kuningan,” ujarnya. (BID/IKP/DISKOMINFO)

Share