Program Rutilahu Baznas, Ibu Sati Haru Dan Bahagia Bisa Bertemu Sapa Dengan Bupati Kuningan

Kategori: 

Penyerahan Bantuan Program Rumah Tidak Layak Huni (RUTILAHU) dari Baznas Kabupaten Kuningan di Blok Sukarame Desa Cipari Kecamatan Cigugur di saksikan langsung oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH,  Jum’at (5/3/2021).

Penyerahan Bantuan Program dari Baznas Kabupaten Kuningan oleh Kepala Baznas Drs. H. Encu Sukat WS., MA, sekaligus peninjauan secara langsung Bupati Kuningan ke lokasi Rutilahu milik Ibu Sati yang berusia 82 tahun, di Blok Sukarame Desa Cipari, RT/RW 17/6, Kelurahan Cipari bersama Camat Cigugur,Kabag Kesra Setda Kuningan, Kepala Desa Cipari dan Perangkat Desa.

Bantuan yang diberikan Baznas Kabupaten Kuningan pada RUTILAHU ini berupa bantuan tunai sehingga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan rehabilitasi rumah tersebut.

Selanjutnya disampaikan bantuan tunai kepada penerima secara langsung dengan didampingi oleh Pemerintah Desa setempat. Pengawasan, pembangunan dan pelaporan dilaksanakan oleh Pemerintah Desa tersebut.

Kemudian pada kesempatan itu, Bupati berbincang dengan Ibu Sati mengenai kehidupan sehari-hari, usai berbincang Bupati melihat keadaan rumah tersebut.

Pada kesempatan yang sama, kedatangan Bupati membuat suasana haru bahagia Ibu Sati karena bisa menyapa dan bertemu secara langsung dengan orang nomor satu di Kuningan.

“Terima kasih kepada Baznas atas bantuannya, serta kepada Bapak Bupati atas waktunya sudah berkunjung kerumah saya, Insya Allah bantuan ini akan saya gunakan dengan sebaik mungkin.”  ungkap Ibu Sati.

Selanjutnya Bupati, memberikan arahan kepada Ibu Sati dan perangkat desa Cipari bahwa bantuan dari Baznas ini di gunakan untuk merenovasi bagian-bagian rumah yang rusak.

“Semoga bantuan dari Baznas ini bisa membantu, dimana bantuan ini adalah bantuan dari umat untuk umat semoga bermanfaat, saran saya perbaiki bagian rumah yang rusak seperti genting yang bocor, penerangan di perbaiki (kondisi penerangan rumah bu sati kurang baik)  dan ventilasi rumah agar di buat lebih banyak supaya sirkulasi udara bisa lebih baik, sehingga yang tinggal di rumah ini bisa terjaga kesehatan nya” ujar Bupati.

Penyerahan Bantuan program Rutilahu di blok Sukarame di akhiri dengan Bupati berkeliling bersama Perangkat Desa Kelurahan, kemudian melihat beberapa Rutilahu di lokasi tersebut.

Bupati pun menyampaikan jika warga setuju akan dibuatkan petak kandang untuk beberapa warga yang memiliki hewan ternak seperti kambing,ayam dll.

“Jangan sampai peliharaan ternak menyatu dengan rumah, karena itu tidak sehat” ucap Bupati seusai berkeliling dan menemukan ada salah satu rumah warga yang di dalam rumah dan belakang rumahnya di gunakan untuk memelihara ternak ayam dan kambing di tempat yang sempit dan kurang baik.

Bupati kemudian memberikan arahan kepada Perangkat Desa, agar di harapkan para perangkat desa memberikan penyuluhan penataan lingkungan, kebersihan rumah, dan perilaku pribadi agar hidup sehat kepada warga di lokasi tersebut.

“Kepada Perangkat Desa dan Kelurahan Cipari agar turun langsung 1 minggu 2 kali untuk melihat kondisi warga nya, dan memberikan arahan-arahan, penyuluhan, pemahaman tentang kebersihan, agar perilaku hidup sehat bisa di terapkan dengan baik, dan penataan lingkungan pun bisa lebih baik.” Ujar Acep

Bupati juga memberikan beberapa opsi pilihan jika tempat tersebut tidak memungkinkan untuk di tata kembali, dan warga setuju, Bupati akan merelokasi beberapa rumah warga yang kondisi nya kurang bagus ke tempat yang lebih baik.

Seusai meninjau lokasi Rutilahu di Blok Sukarame Desa Cipari, Bupati melanjutkan peninjauan ke lokasi Dusun Wage, Desa Purwawinangun Rt 14 Rw 4 di dampingi Lurah Purwawinangun, Eman Sulaeman, S.Sos. dan RT setempat.

Di lokasi tersebut Bupati menemui pemilik rumah dan ternyata di dalam satu rumah tersebut di tinggali oleh 3  keluarga dimana ketiga keluarga semuanya adalah wanita dan sudah tidak memiliki suami, untuk diketahui rumah ini menggunakan setengah bangunan bilik yang hanya di cat.

Pada kesempatan itu Bupati menyampaikan bahwa, rumah tersebut akan dibagi menjadi 3 rumah di karenakan ukuran nya yang memungkinkan untuk di buat seperti itu, agar kedepan setiap keluarga bisa nyaman tinggal di lokasi tersebut.

“Alhamdulillah melalui kolaborasi Pemerintah Kabupaten dengan Baznas Kuningan, Insya Allah Baznas siap membantu melalui program rutilahu dengan merenovasi kedua rumah tersebut.” tutup Acep. (Bid/Ikp/Diskominfo)

Share