Propinsi Jawa Barat Peduli Konservasi Kuningan

Kategori: 

Pemerintah Propinsi Jawa Barat melalui Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan ( BKPP ) Wilayah Cirebon, Rabu 07 Maret 2012 menanam sedikitnya 200 pohon di wilayah Kebun Raya Kuningan yang terletak di Kecamatan Pasawahan Kuningan. Penanaman ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Propinsi Jawa Barat terhadap komitmen Kabupaten Kuningan yang konsen terhadap pemeliharaan lingkungan hidup.

Penanaman ini merupakan program yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Propinsi Jawa Barat melalui BKPP yang dituangkan dalam APBD Propinsi Jawa Barat, dalam rangka mendukung program Kabupaten Kuningan menuju Kabupaten Konservasi.
Menurut Kasubbid Insprastruktur BKBPP Wilayah Cirebon, Ir. Endang Wahyudin, MT, penanaman ini bertujuan untuk mendukung Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Konservasi di Jawa Barat. Wilayah penanaman di pusatkan di Kebun Raya Kuningan ini karena kedepan Kebun Raya ini dapat menjadi tempat rekreasi alam, dan juga bisa dijadikan tempat konservasi dan penelitian alam oleh para pelajar maupun mahasiswa dari berbagai daerah khususnya Wilayah III Cirebon.
Sejalan dengan itu Wakil Bupati Kuningan, H. Momon Rochmana mengatakan bahwa, Kabupaten Kuningan masih konsen terhadap pemeliharaan lingkungan hidup. Karena Kabupaten Kuningan mempunyai daerah yang tinggi yang sangat cocok untuk pengembangan lingkungan hidup dan sangat cocok untuk dijadikan daerah wisata alam.
Berkaitan dengan pembangunan Kebun Raya ini Wabup mengatakan bahwa Indonesia sangat penting dibangun Kebun Raya seperti ini, karena untuk menyelamatkan keanekaragaman tumbuhan yang saat ini mengalami degradasi yang semakin cepat. Sejauh ini keberadaan Kebun Raya terbukti sebagai wahana konservasi yang efektif diberbagai belahan dunia.
Oleh karena itu, dengan segala peran dan fungsinya tersebut, kami berharap bahwa penyelenggaraan kebun raya kuningan akan berjalan sesuai dengan tata kelola yang baik dan itu dapat diwujudkan ketika peran-peran dari pihak lain termasuk Pemerintah Propinsi Jawa Barat terlihat konkrit di dalamnya. Tutup Wabup.
Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD, H. Acep Purnama, SH, Ketua Kejaksaan Negeri, Refly, SH, MH., Ketua Pengadilan Negeri, Erwan Toni, SH, MH, Dandim, Letkol Kav Sugeng Waskito Aji, dan Kapolres Kuningan, AKBP Wahyu Bintono Hari Bawono, S.Ik, MH, mereka melakukan penanam pohon bersama di kawasan Kebun Raya Kuningan dan pelepasan burung. ( Sumber : Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

 
Share