Puncak Hari Kesatuaan Gerak PKK Ke-42 Tingkat Kabupaten Kuningan

Kategori: 

Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sebagai gerakan pembangunan masyarakat bermula dari Seminar "Home Economic" di Bogor pada tahun 1957. Sebagai tindak lanjut dari seminar tersebut, pada tahun 1961 Panitia Penyusunan Tata Susunan Pelajaran pada Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kementerian Pendidikan bersama kementerian-kementerian lainnya menyusun 10 segi kehidupan keluarga. Gerakan PKK di masyarakat berawal dari kepedulian Isteri Gubernur Jawa Tengah pada tahun 1967, Ibu Isriati Moenadi, setelah melihat keadaan masyarakat yang menderita busung lapar. Pada awalnya program PKK adalah 10 segi pokok PKK.

Upaya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui 10 Segi Pokok Keluarga dengan membentuk Tim Penggerak PKK di semua tingkatan, yang keanggotaan timnya secara relawan dan terdiri dari tokoh/pemuka masyarakat, para isteri kepala dinas/jawatan dan isteri kepala daerah sampai dengan tingkat desa dan kelurahan, itulah sedikit tentang sejarah singkat PKK yang dibacakan pada Hari Kesatuan Gerak PKK ke-42 Tingkat Kabupaten Kuningan yang bertempat di Gedung Sanggariang Kuningan, Senin (26/05) dengan tema " Dengan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-42 Kita Perkuat Ketahanan Keluarga sebagai Wujud Persatuan dan Kesatuan Bangsa".
Hadir alam kesempatan tersebut Bupati Kuningan, Hj. Utje Ch Hamid Suganda, S.Sos., M.Ap, Wakil Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH., MH, Ketua DPRD Kuningan, Sekretaris Daerah Kuningan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kuningan, para Camat se-Kabupaten Kuningan, Ketua Darma Wanita Persatuan, Ketua GOW, Para Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan/Desa se-Kabupaten Kuningan, para Kader PKK se-Kabupaten Kuningan, dimana total undangan yang hadir pada kesempatan tersebut sebanyak 700 orang.
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan, Ny. Ika Acep Purnama menyampaikan sambutan dari Ketua Penggerak PKK Pusat, Vita Gamawan Fauzi, yang mengharapkan kepada Gubernur, Bupati, dan Walikota selaku Ketua Pembina Tim Penggerak PKK, untuk memberikan bimbingan, dukungan, dan fasilitas, sehingga gerakan PKK dapat memberikan andil dan turut serta ambil bagian dalam upaya meningkatkan dan mensejahterakan para keluarga menuju masyarakat maju dan mandiri guna mewujudkan hari esok yang lebih baik.
Sementara itu Bupati Kuningan dalam sambutannya mengatakan atas nama Pemerintah Daerah Kuningan menyambut baik dan mengapresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran tim  penggerak PKK di semua tingkatan atas kegiatan tersebut serta untuk partisipasi dalam membaktikan diri berperan serta bermitra dengan pemerintah dalam membangun daerah. Dari moment Hari Kesatuan Gerak PKK ini, mari kita wujudkan keluarga yang mandiri dan sejahtera dan diharapkan pula dapat membangkitkan rasa syukur terhadap kegiatan PKK selama ini. Selain itu dapat memberikan semangat dan motivasi bagi kader PKK agar terus dapat melaksanakan tugas dan fungsinya berupaya mensejahterakan dan memberdayakan keluarga. Melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan visi dan misi untuk dapat mengajak keluarga-keluarga kepada kesejahteraan, ketangguhan dalam membangun masa depan bangsa dan menghadapi tantangan global dalam lingkungan lestari dan agamis. ( Sumber : Mey, Bidang Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan ).

Share