Rangkaian Safari Ramadhan, Bupati Kuningan Tarawih Bersama Di Masjid As-Salam Mandirancan

Kategori: 
Kuningan ,- Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, Sh., Mh. melaksanakan Safari Ramadhan tahun 1442 H ini dengan berkunjung ke Desa Mandirancan, Kecamatan Mandirancan pada Minggu (9/5/2021) malam. 
 
Dalam kunjungannya Bupati melaksanakan sholat tarawih di Masjid As-Salam Kecamatan Mandirancan serta menyerahkan bantuan berupa Speaker Portable untuk Masjid.
 
Momentum teraweh pada kali ini, Bupati berpesan bahwa, kepada seluruh masyarakat muslim, untuk wajib menunaikan pembayaran zakat fitrah dan zakat mall. 
 
sebab, sebagai wujud keshalehan sosial bagi masyarakat yang mampu, untuk berbagi rasa bersama anggota masyarakat yang kurang beruntung. 
 
"Mudah-mudahan dengan Bulan Suci Ramadhan yang penuh berkah, rahmat, magfiroh, serta pahala yang berlipat ganda ini, Pemerintah Kabupaten Kuningan berharap semoga kita terus dapat menjalin komunikasi yang harmonis," harapnya.  
 
selanjutnya, Bupati menegaskan, kepada seluruh petugas Masjid/Mushola untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam melakukan kegiatan apapun yang berkaitan dengan Bulan Suci Ramadhan.  
 
"Pengurus dan pengelola Masjid/Mushola wajib menunjuk petugas yang memastikan penerapan protokol kesehatan dan pengumuman kepada seluruh jamaah, seperti melakukan disinfektan secara teratur, menyediakan sarana cuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, dan untuk jamaah agar selalu membawa sajadah/mukena masing-masing, " tegas Bupati.  
 
sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati menyampaikan, untuk pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H dapat dilaksanakan di Masjid atau Lapangan terbuka tetapi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.
 
Jamaah Shalat Idul Fitri yang hadir tidak boleh melebihi 50 persen dari kapasitas tempat, agar memungkinkan untuk mejaga jarak antar shaf dan  antar jamaah. 
 
"Kecuali, jika perkembangan covid-19 mengalami peningkatan berdasarkan pengumuman gugus tugas percepatan penangan covid-19 untuk seluruh wilayah Negeri atau Pemerintahan daerahnya masing-masing," pungkasnya.
 
Kementerian Agama (Kemenag) menerbitkan aturan penyelenggaraan Shalat Idul Fitri 1442 H.
 
Panduan mengenai penyelenggaraan shalat Idul Fitri tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) No. 07 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Shalat Idul Fitri Tahun 1442 H/2021 di saat Pandemi Covid.
 
Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan, panduan ini diterbitkan guna memberikan rasa aman kepada umat Islam sekaligus mencegah penyebaran covid-19.
 
Selain mengatur perihal Shalat Idul Fitri 1442 H, SE tersebut juga mengatur kegiatan malam takbiran.
 
Untuk lebih lengkap nya bisa di unduh di tautan di bawah. (BID/IKP/DISKOMINFO)
File Lampiran: 
Share