Raskin Harus Tepat Sasaran

Kategori: 

Menurut Assiten Ekonomi dan Kesra,  tujuan dari Program Raskin tersebut adalah untuk mengurangi beban pengeluaran Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat ( RTS-PM ) melalui raskin pemenuhan sebagian kebutuhan pangan dalam bentuk beras, karena beras merupakan kebutuhan yang sangat mendasar dalam rumah tangga.  
Sasaran program raskin tahun 2012 adalah berkurangnya beban pengeluaran 83.724 Rumah Tangga Sasaran ( RTS ) melalui pendistribusian beras bersubsidi sebanyak 15.030.320 kg dan setiap RTS mendapat 15 kg perbulan dengan harga Rp. 1.600/kg netto ditempat penyerahan yang disepakati, terhitung mulai bulan Januari sampai dengan Mei, sedangkan alokasi raskin bulan Juni sampai dengan bulan Desember 2012 akan menggunakan data terbaru hasil dari Program Perlingdungan Sosial ( PPLS ) Badan Pusat Statistik Jawa Barat tahun 2011.
Pelaksana distribusi raskin adalah kelompok kerja raskin, kelompok masyarakat atau warung desa yang ditetapkan oleh Kepala Desa/Lurah yang diberi tugas menerima beras dari satker raskin dan menjual/menyerahkan kepada RTS-PM raskin dititik distribusi serta menyetor uang HPB kepada satker raskin atau menyetor ke rekening HPB BULOG yang ditetapkan.
Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda dalam kesempatan membuka sosialisasi raskin kepada para Kepala Desa se-Kabupaten Kuningan, mengatakan, pihaknya merasa bangga dengan program raskin ini, karena pemerintah telah berupaya mengurangi beban masyarakat miskin di Kabupaten Kuningan sehingga pengeluaran rumah tangga untuk masyarakat miskin dapat ditekan, dan dapat dipergunakan untuk keperluan yang lain.
Bupati juga berpesan kepada para penerima raskin untuk tetap ikut mensukseskan semua program pemerintah yang pro-rakyat, karena pada dasarnya pemerintah telah berupaya mengurangi angka kemiskinan di Negara kita Indonesia umumnya dan khususnya di Kabupaten Kuningan ini. Seraya berharap agar program Raskin ini dapat membantu kebutuhan dasar masyarakat. Tegas Aang
Selain itu juga Bupati berharap agar penyaluran raskin ini harus tepat sasaran penerima manfaat, tepat jumlah, tepat harga, tepat waktu, tepat administrasi dan tepat kualitas.
Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan penghargaan kepada para Camat dan Kepala Desa/Lurah terbaik dalam pengelolaan raskin ini diantaranya, Camat Hantara, Camat Jalaksana, Camat Cigandamekar, Camat Nusaherang, Camat Cilebak, Camat Kalimanggis, Camat Kuningan, Camat Cibeureum, dan Camat Garawangi. Serta Kepala Desa Terbaik pengelola Raskin antara lain Kades Linggasana, Kades Kawah Manuk, Kades Geresik, Kades Babakan Mulya, Kades Wanasaraya, Kades Cilimus, Kades Darma, Kades Ciawigebang, Kades Jalaksana, dan Kades Kalimanggis. ( Sumber : Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan )

Share