Realisasi Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Kabupaten Kuningan Tahun 2014 Capai 110 Persen

Kategori: 
Dra. Susiawati, M.AP

Realisasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Kabupaten Kuningan untuk tahun 2014 mencapai 63 Milyar atau sekitar 110 persen dari target 57 Milyar. Data tersebut disampaikan Kepala Cabang Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah Kabupaten Kuningan, Dra. Susiawati, M.AP, kepada Info Kuningan saat ditemui di ruang kerjanya. Menurut Susiawati, Realisasi tersebut diperoleh dari 227.385 unit kendaraan bermotor, terdiri dari Kendaraan Roda Dua (R2) dan Roda Empat (R4) yang melakukan pembayaran pajak selama tahun 2014. Selanjutnya Susiawati menjelaskan, tingkat kepatuhan masyarakat di Kabupaten Kuningan dalam membayar pajak kendaraan bermotor cukup tinggi. Untuk itu Ia yakin, target di tahun 2015 bisa tercapai.
 

“ Jika melihat data target dan realisasi tahun 2014, ini menandakan kepatuhan masyarakat Kuningan cukup tinggi dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Maka dari itu saya yakin, target tahun 2015 untuk PKB sebesar 68.480.041.000 rupiah dan BBN 66.791.882.000 rupiah bisa tercapai,” kata Susiawati.
 

Untuk mencapai target di tahun 2015, masih menurut Dra. Susiawati, M.AP, selain berinovasi dalam segi pelayanan, pihaknya telah bekerjasama dengan pihak ketiga dalam hal ini desa atau kelurahan dengan mengadakan sensus Kendaraan Tidak Melakukan Daftar Ulang (KTMDU), hal ini dimaksudkan selain untuk meningkatkan pendapatan pajak kendaraan bermotor juga untuk menggugah kesadaran masyarakat khususnya pemilik kendaraan agar segera melunasi pajak kendaraan tepat pada waktunya.
 

“ 30 persen dari hasil pemungutan pajak itu akan diserahkan ke kabupaten, baik PKB, BBNKB, Pajak Air Permukaan, Pajak Bahan Bakar dan Pajak Rokok. maka dari itu semakin besar pendapatan pajak di Kabupaten Kuningan, semakin besar pula yang akan diperoleh kabupaten. Dalam upaya peningkatan pendapatan pajak khususnya PKB, kami telah bekerjasama dengan pihak ketiga seperti desa untuk melakukan sensus KTMDU, bagi wajib pajak yang tidak melakukan daftar ulang atau pajak tahunan kendaraannya,” imbuh Susiawati.
 

Dalam hal pelayananan, Kepala Cabang Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah Kabupaten Kuningan, Dra. Susiawati, M.AP mengemukakan, bagi masyarakat yang berada di daerah Luragung, Cibingbin, Ciwaru dan daerah-daerah di Wilayah Kuningan Timur lainnya, dapat melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor untuk pengesahan ulang tahunan di KCP BJB Luragung, sementara untuk pengesahan STNK 5 Tahunan tetap ke kantor Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah Kabupaten Kuningan/Samsat Kuningan. Selanjutnya, bagi wajib pajak yang tidak bisa melakukan pembayaran PKB di Kantor Samsat atau Cabang Pembantu, bisa melakukan pembayar PKB dengan memafaatkan layanan e-Samsat di ATM BJB yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk menghindari sangsi dan hal-hal yang tidak diharapkan, Dra. Susiawati, M.AP menghimbau, kepada wajib pajak agar melakukan pembayaran Pajak Kendaraannya tepat waktu, bagi kendaraan yang masih atas nama pemilik lama untuk segera dibalik namakan atas nama pemilik baru, selanjutnya kepada penjual kendaraan untuk segera melaporkan ke kantor samsat sebagai tindakan proteksi supaya tidak terkena pajak progresif. ( Sumber : Yudi/Bidkom Diskominfo Kuningan ).

Share