Relawan Tracer Covid-19 Dibentuk Hingga Tingkat RT

Kategori: 

KUNINGAN-Pencegahan dan penanganan Covid19 perlu dilakukan langkah-langkah strategis dan  peran serta semuanya. Pemerintah Kabupaten Kuningan untuk mengantisipasinya  membentuk sekaligus memberikan pembekalan Relawan Tracer Covid-19 tingkat RT/RW, LPM, Kader PKK, Kader Posyandu dan Karang Taruna, Kamis (15/7/2021) di Ruang Rapat Linggarjati Setda Kuningan.

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, MH,  mengatakan   RT/RW, LPM, Kader PKK, Kader Posyandu dan Karang Taruna memiliki peran juga  dalam pencegahan dan penanganan covid 19, hal ini perlu di perkuat dan dioptimalkan dengan dibentuknya tim relawan tracer covid-19 .

Seperti halnya kader PKK dan Kader Posyandu yang sebagian besar adalah perempuan, dikatakan Bupati Kuningan,  dapat ditugaskan sebagai relawan untuk memberikan edukasi dan promosi kesehatan pada masyarakat serta membantu pemenuhan kebutuhan sehari-hari bagi keluarga  yang sedang melakukan isoman akibat terpapar covid 19.

“Dan untuk peran pengurus LPM beserta pengurus Rw dapat menjadi pengendali dan pengawas bagi keluarga yang sedang isoman agar mau menerapkan prosedur dengan baik dan benar,” imbuhnya. Sementara  Karang Taruna dan pengurus RT/RW bisa memberikan pendampingan dari tenaga kesehatan atau tim tracer puskesmas,”ungkapnya.

Bupati Kuningan, menyampaikan  terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya semua pihak yang terlibat dalam penanganan masalah covid-19 ini termasuk para relawan yang berasal dari lembaga kemasyarakatan desa atau kelurahan.

“Tentunya melalui upaya perluasan pencegahan dan pengendalian covid 19 ini sampai tingkat RT/RW, Insya Allah akan mempercepat  penanganan Pandemi Covid -19 ini dan kita segera kembali ke kehidupan normal untuk segera mewujudkan pembangunan Kabupaten Kuningan yakni Kuningan MAJU (Ma’mur, Agamis dan Pinunjul) Berbasis Desa Tahun 2023,”katanya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas DPMD Kabupaten Kuningan, Drs. H. Dudi Pahrudin, M. Si. , Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, dr. Hj. Susi Lusiyanti, MM. , dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan, Dr. Wahyu Hidayah, M.Si.  (IKP/DISKOMINFO)

Share