Resmikan Posyandu Anggrek II Desa Sukamukti, Wabup : Upaya Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat

Kategori: 

KUNINGAN,- Pemerintah Kabupaten Kuningan mendukung Program pemerintah Desa di bidang kesehatan, seperti desa wajib memiliki Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang aktif. Sebab keberadaan Posyandu dinilai sangat penting untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat, dengan manfaat meningkatkan pemberian gizi pada anak dan semakin bisa memperhatikan kesehatan warga secara lebih menyeluruh.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, saat meresmikan Posyandu Anggrek II, Desa Sukamukti, Kecamatan Jalaksana, ditandai dengan pengguntingan pita, Rabu (8/12/2021).

Wabup menyampaikan rasa sukur, karena pembangunan Posyandu Anggrek II yang berasal dari Dana Desa ini akhirnya tuntas dan bisa diresmikan. 

Dikatakan Wabup,  pelayanan kesehatan merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh masyarakat. “Gedung Posyandu Anggrek II ini, saya nilai cukup representatif untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat khususnya ibu dan balita. Semoga dengan telah diresmikannya Posyandu ini,  dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Desa Sukamukti,” kata Wabup.

Selanjutnya Wabup mengemukakan,  Kehadiran Posyandu ini sangat penting dalam membantu kerja Puskesmas. Khususnya dalam pelayanan terhadap kesehatan ibu dan anak.

“Kegiatan yang dilakukan di Posyandu ini nantinya bisa memeriksa kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana, imunisasi, peningkatan gizi, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sukamukti Nana  Mulyana mengatakan, Posyandu Anggrek II dibangun dari anggaran Dana Desa tahun 2021 sebesar Rp 180 juta. Ia berharap,  dengan adanya gedung Posyandu yang baru, pelayanan masyarakat dibidang kesehatan bisa maksimal.

“Posyandu ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Sukamukti tentunya. Yang merupakan bagian dari program kesehatan masyarakat. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Kader Posyandu yang melaksanakan tugasnya di program Posyandu. Seperti penimbangan bayi, pemberian makanan sehat, dan pelayanan lainnya,”

Selain sebagai sarana dalam pelayanan kesehatan, dikatakan Nana, Posyandu Anggrek II, juga akan digunakan sebagai kantor bersama BumDes dan kegiatan UP2K dalam peningkatan ekonomi masyarakat.

“Dengan luas 9x7 meter ini, kami telah merancang, selain sebagai fasilitas layanan kesehatan, Posyandu ini juga akan menjadi kantor bersama BumDes dan kegiatan ibu-ibu UP2K dalam peningkatan ekonomi masyarakat dengan memproduksi aneka olahan makanan dan lainnya," pungkas Nana.

Hadir pada acara peresmian tersebut, Camat Jalaksana Toni Kusumanto, AP., M.Si, Kepala UPTD Puskesmas Jalaksana, Kepala UPTD KB, Ketua TP PKK Kecamatan, Ketua TP PKK Desa Sukamukti dan jajaran, para perangkat desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, para kader Posyandu desa, serta sejumlah undangan lainnya. (BID IKP/DISKOMINFO)

 

Share