Rimbawan Harus Memberikan Contoh Kepada Masyarakat

Kategori: 

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah salah satu upaya untuk memupuk rasa kesatuan dan persatuan diantara insan rimbawan, memelihara keutuhan korps rimbawan sebagai garda terdepan dalam menopang kemajuan pembangunan kehutanan, juga untuk membangun komunikasi dan kebersamaan dalam rangka menjalin berbagai kerjasama dengan mitra-mitra kerja yang ada di wilayah Kuningan.
Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Kuningan, Ukas Suharsaputra mengatakan, dalam rangkaian HUT Rimbawan ke-29 ini telah dilaksanakan berbagai macam lomba diantaranya olahraga bulutangkis, catur, futsal. Selain itu juga dilaksanakan penanaman bibit pohon yang tersebar di seluruh pelosok Kabupaten Kuningan, juga telah diserahkan bantuan bibit tanaman kayu dan juga sembako bagi Desa Cibeureum dan sekitarnya.
Dengan diadakannya kegiatan seperti ini kedepan kami berharap para insan rimbawan dapat lebih mencintai ligkungan terutama hutan, dan dapat menjaganya demi kelangsungan mahluk hidup yang ada didalamnya dan juga untuk kelangsungan hidup manusia. “ Kami berharap dengan penyelenggaraan Hari Bhakti imbawan ini akan lebih mendorong Korps Rimbawan di Kabupaten Kuningan kearah yang lebih maju dan berprestasi,” papar Ukas.
Sementara itu Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda yang bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam sambutannya mengatakan, momentum Hari Bhakti Rimbawan ke-29 ini kita gunakan untuk melakukan kontemplasi atas apa yang telah kita lakukan pada masa lalu, pada saat ini dan pada masa yang akan datang.
Kedepan tugas rimbawan akan semakin berat mengingat lahan hijau yang kita punyai semakin mengalami degradasi, oleh karena itu rimbawan mempunyai peranan yang penting dalam memanfaatkan lahan yang sudah sangat sedikit ini untuk tetap terjaga dengan baik dan mempunyai hasil guna yang baik bagi manusia dan lingkungan serta mahluk hidup di muka bumi ini. Jelas Aang.
Sesuai dengan tema peringatan hari Bhakti Rimbawan tahun ini “dengan semangat jiwa korsa rimbawan kita sukseskan gerakan penanaman pohon di Indonesia“. Hal ini sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Kuningan yang sangat menitik beratkan di bidang lingkungan, dalam perjalanannya menuju Kabupaten Konservasi. Kuningan memang mengalami berbagai hambatan, akan tetapi dengan keberadaan rimbawan yang merupakan garda terdepan diharapkan hambatan itu dapat terlalui dengan mudah. “ Rimbawan hendaknya dapat memberikan contoh kepada masyarakat untuk hidup dengan ramah lingkungan. “ pinta Aang. ( Sumber : Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

Share