Roadshow IGTKI-PGRI, Ketua Bunda PAUD : Pentingnya Peran Organisasi Dalam Mendukung Kualitas Anak Usia Dini

Kategori: 

KUNINGAN-Usia dini merupakan usia emas bagi seorang anak, tentunya perlu dukungan dari pendidikan PAUD yang baik dan berkualitas serta guru atau tenaga pendidik yang memiliki kompetensi yang baik. Hal ini disampaikan ketua Bunda PAUD Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Rahmatika, S.E saat melakukan Roadshow IGTKI-PGRI di Kecamatan Subang, Kamis (14/10/2021).

Menurut Hj. Ika, pelayanan terhadap anak usia dini khususnya di taman kanak-kanak dapat terlaksana dengan baik dan pembelajaran yang ada dalam lingkungan TK terus berkembang, sehingga melahirkan anak yang cerdas dan berkualitas.

Beliau mengatakan, Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia-Persatuan Guru Republik Indonesia (IGTKI-PGRI) merupakan organisasi profesi  guru taman kanak-kanak yang independen,  yang dibentuk sebagai sarana pemersatu anggota seprofesi dalam konteks positif untuk menjadi mitra pemerintah guna menghasilkan pemanfaatan bagi bangsa di tengah tantangan global.

“Sebagai mitra Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam memperjuangkan pendidikan anak usia dini, maka perlu adanya kerjasama dan koordinasi dalam upaya meningkatkan pendidikan. agar program yang dijalankan dapat terlaksana sesuai harapan,” ungkapnya

Penataan dan penguatan organisasi, dikatakan Hj. Ika penting dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas organisasi profesi secara proporsional sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan tugas masing-masing, sehingga organisasi profesi menjadi tepat fungsi, tepat ukuran dan tepat sasaran terutama persamaan persepsi dan pemikiran dari peran organisasi untuk mengembangkan diri dan mendukung kualitas anak usia dini.

Untuk itu, Hj. Ika Rahmatika mengharapkan, IGTKI-PGRI harus terus menjalin komunikasi serta koordinasi dengan Camat, Kepala Desa, Bunda PAUD Kecamatan, Bunda PAUD Desa, posyandu, serta pokja 2, agar bisa bersinergi menyampaikan kepada masyarakat mengenai pentingnya wajib PAUD satu tahun yakni  usia 5-6 tahun yang ada di jenjang PAUD taman kanak-kanak.

“Peran organisasi mitra IGTKI bersama Bunda PAUD memiliki tanggung jawab yang sama terhadap pendidikan anak usia dini di masa depan,” Tutur Ika.

Selain itu, dikatakan Hj. Ika semoga melalui program  lembaga penggerak, guru penggerak, dan merdeka belajar IGTKI-PGRI dapat membantu  mewujudkan pendidikan anak usia dini di Kabupaten Kuningan menjadi PAUD yang berkualitas demi menuju Kuningan menjadi Kabupaten pendidikan.

Ketua Bunda PAUD menitipkan kepada Camat, Kepala Desa, Bunda PAUD Kecamatan, Bunda PAUD Desa, pokja 2 di PKK, posyandu, bahwa PAUD itu adalah wadah, dimana didalamnya ada taman kanak-kanak yang menangani usia anak 4-6 tahun. untuk itu jangan sampai tidak terlayani hak-haknya untuk mendapatkan bantuan.

“Bersama IGTKI-PGRI, kualitas pendidikan anak usia dini khususnya taman kanak-kanak di Kabupaten Kuningan akan lebih maju dan berkualitas. sesuai dengan visi Kabupaten Kuningan yakni “kuningan maju” , maka PAUD Kabupaten Kuningan pun harus menjadi PAUD maju yang dapat menghasilkan generasi emas yang tangguh, unggul,  dan mandiri,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua IGTKI-PGRI Cabang Subang Hj. Iloh Suparsih dalam laporannya mengatakan tema kegiatan ini, silaturahmi IGTKI-PGRI bersama Bunda PAUD dalam rangka membangun kualitas pembelajaran melalui program  lembaga penggerak, guru penggerak, dan merdeka belajar menuju Kabupaten pendidikan.

Turut hadir Kabid Paud dan Dikmas Doktor Elon Carlan, M.M.Pd, Dinas ,  Camat Subang Rahman, S.Pd.M.Si beserta Bunda PAUD Kecamatan, Kepala Desa beserta Bunda PAUD Desa,  Pengawas TK, Ketua PGRI, Ketua IGTKI-PGRI Kabupaten Kuningan beserta Jajarannya, Ketua IGTKI-PGRI Cabang Subang, Para Kepala dan Guru TK Se-Cabang Subang.(BID IKP/DISKOMINFO).

Share