Saatnya Lansia Harus Jadi Subjek Pembangunan

Kategori: 

Wakil Bupati Kuningan yang sekaligus Ketua Komisi Daerah (Komda) Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Kabupaten Kuningan, Drs. H. Momon Rochmana, MM, mengatakan sekarang sudah saatnya para lanjut usia menjadi subjek dan bukan hanya sekedar objek pembangunan. “ Para lansia kedepan jumlahnya akan semakin banyak, hal ini merupakan potensi besar apabila ditunjang dengan manajemen yang baik dan terarah,” katanya saat melantik pengurus Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Kecamatan se-Kabupaten Kuningan di Hotel Permata, Selasa (22/5). Ikut menghadiri Ketua LLI Provinsi Jawa Barat ,H.R. Nuriana, Ketua LLI Kabupaten Kuningan, Drs. H. Sobana, Wakil Ketua TP.PKK Kuningan, Hj Dadah Rochmana serta sejumlah pengurus LLI yang akan dilantik.

Lebih lanjut Wabup Momon mengatakan, kiprah dan peran serta LLI dalam pembangunan memiliki potensi besar khususnya di bidang pelayanan bagi lansia secara manusiawi dan bermartabat sebagai upaya meningkatkan kualitas lansia secara berkesinambungan. ” Diharapkan LLI ini menjadi sarana untuk mengoptimalkan kegiatan bagi lansia untuk menciptakan situasi dan kondisi yang memiliki nilai tambah terutama dalam mendukung pembangunan,” jelasnya.
Wabup Momon berpesan LLI harus menjadi sarana informasi, koordinasi, serta mitra Pemerintah Daerah dalam memfasilitasi lembaga sosial lainnya yang bergerak di bidang lanjut usia. ” Melalui LLI potensi yang kita miliki akan menjadi efektif terutama dalam meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat lansia,” pintanya.
Sementara itu Ketua LLI Kabupaten Kuningan, Drs. H. Sobana mengatakan tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mengantisipasi kemunduran yang dialami insan lanjut usia baik aspek fisik, mental maupun sosial yang dapat menimbulkan keterbatasan serta kesulitan meningkatkan kualitas lansia. ” Peningkatan kualitas lansia harus terkoordinir diberbagai tingkatan termasuk di tingkat kecamatan dalam upaya menempatkan lansia sebagai individu yang harus dihargai dan dihormati,” ujarnya.
Sasaran kegiatan ini, lanjut Ia, adalah potensi sumber kesejahteraan sosial yang peduli kepada insan lanjut usia dan direkomendasikan oleh forum musyawarah Kecamatan se-Kabupaten Kuningan. ( Sumber : Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

Share