Safari Gemarikan Dalam Rangka Penanganan Program Stunting Dan Gizi Buruk

Kategori: 

Kuningan ,- Kabupaten Kuningan menjadi salah satu daerah di Jawa Barat yang menjadi Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI yang bekerja sama Komisi IV DPR RI melalui pemberian bantuan makanan berupa hasil olahan ikan serta ikan mentah sebanyak 1 kg bertempat di SMK Hidayatul Islam Garawangi, selasa (9/3).

Program ini sebagai upaya untuk mengajak masyarakat gemar makan ikan demi mencegah peningkatan angka stunting di Kabupaten Kuningan.

Turut hadir mewakili Bupati Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, Komisi IV DPR RI Kh. Asep Maoshul Afandi, M, Pd. , Direktur Logistik Dirjen PDSPKP Innes Rahmania.A.PI, S.Sos, MM. , Kepala Dinas Kelautan Provinsi Jawa Barat  yang di wakili oleh Kepala UPTD Pengujian Dan Penerapan Mutu Produk Perikanan PPMPP Cirebon Dadang Ruhiyat, M. Pd. , Kepala Dinas Pertenakan Kabupaten Kuningan Ir. Bunbun Budhiyasa ,  Camat Garawangi  Minthareja, AP, M.Si.,  serta Kepala Desa Purwasari A. Suherman.

Dalam kesempatan itu, Sekda mewakili Bupati mengungkapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Bersama Mitra Komisi IV DPR RI telah melaksanakan kegiatan Safari Gemarikan di Kabupaten Kuningan.

Selanjutnya, Dian menjelaskan bahwa ikan sangat bermanfaat untuk manusia terutama anak-anak, sehingga masyarakat perlu didorong untuk gemar makan ikan.

Ikan merupakan bahan pangan sehat mengandung omega 3 yang bergizi tinggi, yang cukup baik untuk kecerdasan dan mampu mengisi kebutuhan gizi anak selama 1.000 hari pertama kehidupan, termasuk bagi ibu pada periode persiapan kehamilan atau masa kehamilan hingga memberikan asi.

“Melalui Gemarikan akan terbangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan. Apabila anak-anak kita gemar makan ikan, diharapkan generasi ke depan akan menjadi pemimpin yang cerdas, mandiri, dan tangguh dalam menghadapi tantangan.” kata Dian.

Menurutnya, agar generasi penerus bangsa dapat diandalkan di masa yang akan datang, maka bukan saja generasi yang cerdas dan sehat saja yang diperlukan tetapi harus mempunyai mental dan perilaku atau akhlak yang baik, dengan asupan yang sehat dan bergizi serta bermanfaat untuk pertumbuhan fisik dan membentuk kecerdasan anak.

“Ikan sebagai salah satu sumber protein hewani merupakan jawaban yang tepat dalam penyediaan gizi yang sehat, serta halal dan baik terhadap keluarga. dari dahulu hingga sekarang ahli gizi tidak bosan-bosannya mengingatkan kita untuk selalu mengkonsumsi ikan, hal ini perlu dilakukan dalam upaya pencegahan stunting dan gizi buruk dalam keluarga.” imbuhnya.

Sama halnya dengan yang di sampaikan Dian, Direktur Logistik Dirjen PDSPKP Innes Rahmania.A.PI, S.Sos, MM juga menyampaikan bahwa, ikan memiliki kandungan omega 3 yang dapat meningkatkan kecerdasan, serta mampu memenuhi kebutuhan gizi anak selama 1.000 hari pertama kehidupan, termasuk bagi ibu pada periode persiapan kehamilan atau masa kehamilan hingga memberikan asi.

“Kita harus ajak anak-anak untuk lebih banyak mengkonsumsi ikan, agar anak lebih tumbuh sehat dan cerdas.” kata Direktur Logistik Dirjen PDSPKP

Kegiatan ini juga sekaligus pembagian 500 paket goodie bag, yang berisi olahan makanan yang berasal dari ikan seperti baso ikan, otak-otak ikan, serta ikan mentah seberat 1kg.

“Kami harap produk-produk yang kami berikan dapat menginspirasi seluruh masyarakat, untuk dapat mengolah ikan menjadi bentuk lain sehingga menjadi nilai tambah serta menciptakan peluang usaha untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.” harap Innes.

Selain itu pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Kelautan Provinsi Jawa Barat  yang di wakili oleh Kepala UPTD Pengujian Dan Penerapan Mutu Produk Perikanan PPMPP Cirebon Dadang Ruhiyat, M. Pd. Menyampaikan “Kita mensuport kegiatan ini dengan mengolah ikan yang untuk diberikan kepada anak-anak paud.” ujarnya.

Ia juga berharap, semua Provinsi Jawa Barat dapat melakukan kegiatan Gemarikan ini, serta Gemarikan ini dapat berjalan sesuai dengan harapan. “Dengan mengkonsumsi ikan lebih tinggi, tingkat stunting pun akan lebih menurun.” imbuhnya. (BID/IKP/DISKOMINFO) 

 

 

Share