Satpol PP Harus Dekat Dengan Masyarakat

Kategori: 

Jajaran Satuan Polisi Pamong Praja yang akrab dengan sebutan POL PP, 3 maret  2012 berulang tahun yang ke-62. Upacara dalam rangka peringatan HUT POL PP tersebut dilaksanakan pada Senin 19 Maret 2012 yang dirangkaikan dengan Upacara Hari Kesadaran Nasional. Upacara yang berlangsung sederhana namun khidmat tersebut diikuti oleh seluruh anggota POL PP se- Kabupaten Kuningan yang berjumlah kurang lebih 257 orang yang tersebar di seluruh Kecamatan.

Upacara tersebut dipimpin oleh Kepala Seksi Pembinaan Kantor POL PP Kuningan,, Darsono dengan inspektur Upacara Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda, S.Sos. Turut hadir dalam upacara tersebut, Wakil Bupati, H. Momon Rochmana,MM, Sekda, H. Yosep Setiawan, Kajari, Refli, SH, Ketua DPRD, H. Acep Purnama, serta para karyawan/karyawati lingkup Sekretariat daerah, BKD, dan Dipenda.
Tema yang diambil pada peringatan ulang tahun kali ini adalah “ Dengan semangat HUT Satpol PP ke-62, Satpol PP siap mengawal penguatan peran Gubernur Sebagai Wakil Pemerintah Pusat di daerah bidang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat melalui optimalisasi penegakan peraturan daerah dan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat “.Tema ini merujuk pada keberadaan Gubernur selain sebagai Kepala Daerah yang mempunyai kewajiban menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.
Dalam sambutannya Bupati Kuningan mengatakan, Tugas pokok dan fungsi Satpol PP adalah menjaga kententraman dan ketertiban masyarakat, oleh karena itu Satpol PP hendaknya selalu sigap dalam berbagai kondisi. Ketentraman dan ketertiban melalui penegakan Perda sangat strategis dan salah satu upaya penting untuk dipenuhi dalam suksesnya pelaksanaan otonomi daerah.
Terwujudanya kondisi daerah yang kondusif bagi penyelenggaraan pemerintah dan kegiatan masyarakat ditandai dengan kondisi daerah yang tertib dan tentram dimana Pertauran Daerah maupun keputusan Kepala Daerah dapat ditaati dan dijalankan sebagaimana mestinya.
Satpol PP kedepan hendaknya dapat menjalankan tugasnya melalui pendekatan dengan masyarakat. Di era sekarang ini pendekatan kepada masyarakat dapat menjadi solusi yang tepat dalam menjalankan tugas sehingga kedepan tugas POL PP akan menjadi lebih ringan dengan pola pengertian dan sosialisasi dengan masyarakat. Tutup Aang. ( Sumber : Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

 
Share