Sekda Kuningan Lepas Gowes Wisata/ Sepeda Santai Di Desa Tumaritis Sakerta Timur

Kategori: 

KUNINGAN,- Sekda Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si. Melepas Gowes Wisata bersama . Acara yang digelar Minggu pagi, (19/12/2021) tersebut diadakan di Kampung Tumaritis, Desa Wisata Sakerta Timur Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan.

Gowes Wisata tersebut adalah salah rangkaian hari ke 2 (dua) kegiatan event Jambore Nasional Perguruan Tinggi dan Gerakan berkoperasi sekaligus Expo UMKM dan Pesona Kopi Kuningan. Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut terlihat dari banyaknya yang mengikuti event tersebut bukan hanya dari Kabupaten Kuningan saja melainkan ada para biker gowes dari luar daerah juga.

Gowes Wisata/Sepeda Santai ini menghadirkan hadiah-hadiah menarik seperti 1 Unit Motor Honda Genio , 5 Sepeda Dewasa, 3 Sepeda anak-anak dan Hadiah hiburan lainnya dan untuk para peserta yang mengikuti event ini di wajibkan harus sudah mendapatkan vaksinasi.

Di mulai start dari Jam 07.00 pagi, jalur yang berjarak total 13,8 KM, melalui Desa Wisata Sakerta Timur, Desa Sakerta Barat, Desa Paninggaran, Wisata Sisi Sagara Cipasung, SPBU Kawah Manuk, Kantor Kec. Darma, Desa Jagara dan Finish kembali di Kampung Tumaritis Desa Sakerta Timur.

“Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran Panitia Jambore Nasional Perguruan Tinggi dan Gerakan berkoperasi sekaligus Expo UMKM dan Pesona Kopi Kuningan yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Kegiatan ini bukan hanya sebagai ajang sosialisasi, membudayakan hidup sehat, sekaligus juga bersinergi dengan program pemerintah untuk membangkitkan lagi sektor pariwisata di Kabupaten Kuningan,” ujar Sekda.

Lanjut Sekda, mengenai Event memiliki arti penting dan bernilai strategis bagi Kabupaten Kuningan. Kabupaten Kuningan sedang berupaya meningkatkan perekonomian, mendorong investasi, dan menggali serta megembangkan potensi wisata. Termasuk juga keberadaan Kampung Tumaritis yang berada di Desa Sakerta Timur, hal ini akan menjadi salah satu spot pilihan dari banyak destinasi wisata yang ada di Kabupaten Kuningan.

Usai Gowes, Sekda Kuningan berkeliling melihat-lihat Stand UMKM yang berada di lokasi dan sekaligus menutup gelaran event Jambore Nasional Perguruan Tinggi dan Gerakan berkoperasi sekaligus Expo UMKM dan Pesona Kopi Kuningan.

Berikut Recap  kegiatan di event tersebut :

  1. Pembukaan oleh  Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Ir. Arif Rahman Hakim., M.S. dan Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH.,MH. 
  2. Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dan MoU kemitraan UMKM dengan stakeholder serta Bisnis Matching dengan Agen Travel,Toko Modern, Hotel, Restoran dan Toko Oleh-oleh ternama di Jawa Barat :

Dalam rangka penumbuhan iklim usaha dan pembinaan yang mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah perlu dilakukan kemitraan dengan berbagai pihak sebagai wujud keberpihakan kepada kelompok usaha ekonomi rakyat. Hubungan kemitraan antara Usaha Mikro Kecil dan Menengah dengan Para Pihak harus dilandasi prinsip saling membutuhkan, saling mempercayai, saling memperkuat dan saling menguntungkan.

Bupati Kuningan mengajak berbagai pihak untuk melakukan Kesepakatan Bersama tentang Kemitraan Pengembangan Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Kuningan, pihak yang akan diajak untuk melakukan Kesepakatan Bersama antara lain :

  • UNIVERSITAS ISLAM AL – IHYA KUNINGAN
  • PERHIMPUNAN HOTEL DAN RESTORAN INDONESIA BPC KUNINGAN
  • PAGUYUBAN PENGELOLA DESTINASI WISATA KABUPATEN KUNINGAN
  • INSAN PARIWISATA INDONESIA KUNINGAN
  • PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA TBK
  • PT. INDOMARCO PRISMATAMA
  • PT. GRAB TEKNOLOGI INDONESIA CIAYUMAJAKUNING
  • KOMUNITAS WEDDING ORGANIZER KUNINGAN
  • IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH KUNINGAN
  • HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM CABANG KUNINGAN
  • PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA

Maksud Kesepakatan Bersama ini adalah sebagai wadah dalam pengembangan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Tujuannya untuk meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam pertumbuhan ekonomi, pemerataan pendapatan dan pengentasan kemiskinan. Ruang lingkupnya meliputi pembinaan, pendampingan pengembangan sumber daya manusia, promosi dan pemasaran.

Tindak lanjut dari Kesepakatan Bersama ini dibuat Perjanjian Kerjasama antara Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan sebagai perangkat daerah yang mempunyai kewenangan dalam pemberdayaan Koperasi dan UKM. Pihak-pihak yang telah digandeng untuk melakukan Kerjasama dan diceremonialkan pada kegiatan ini, diantaranya :

  • Kadiskopdagperin Kab. Kuningan dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten Kuningan
  • Kadiskopdagperin Kab. Kuningan dengan Universitas Kuningan
  • Kadiskopdagperin Kab. Kuningan dengan Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Kadiskopdagperin Kab. Kuningan dengan Universitas Prasetiya Mulya Jakarta
  • Kadiskopdagperin Kab. Kuningan dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia BPC Kuningan
  • Kadiskopdagperin Kab. Kuningan dengan Paguyuban Pengelola Destinasi Wisata Kab. Kuningan
  • Komunitas UMKM dengan Pengelola Daya Tarik Wisata Kab. Kuningan
  1. Penobatan dan Penghargaan kepada Bupati Kuningan sebagai Bapak UMKM Kuningan dan Penghargaan kepada Menteri Koperasi dan UKM RI sebagai Bapak Transformasi KUKM.
  2. Penyerahan sertifikat SPP-IRT secara simbolis dari Bupati Kuningan kepada Pelaku UMKM.
  3. Pemberian Sertifikat Digital Keikutsertaan Gelar Produk Koperasi, UMKM Expo, dan Pesona Kopi.
  4. Pameran/Bazaar/Gelar Produk UMKM, diikuti oleh 20 Komunitas UMKM Se Kabupaten Kuningan
  5. Gelar Produk Koperasi yang memiliki unit usaha, diikuti oleh 10 Koperasi.
  6. Gelar Pesona Kopi Kuningan, diikuti oleh 30 UMKM komunitas APEKI
  7. Jambore Nasional Humas Gerakan Koperasi Nasional dan Perguruan Tinggi (Kementerian Koperasi dan UKM RI) dilaksanakan 3 hari yakni 17-19 Desember 2021, diikuti oleh Perwakilan Gerakan Koperasi Nasional dan Perguruan Tinggi Se Indonesia secara hybrid, adapun peserta yang mengikuti secara offline adalah Perwakilan Gerakan Koperasi Nasional dan 15 PT yang dihadirkan di Lokasi Homestay guna pemberdayaan masyarakat desa wisata dengan keunggulan potensi setempat.
  8. Gowes Wisata/Sepeda Santai
  9. Donor Darah PMI
  10. Vaksinasi COVID-19
  11. Bazar Murah Fashion Yogya/Surya/Fajar.

“Jambore Nasional Humas Gerakan Koperasi, Perguruan Tinggi, UMKM Expo dan Pesona Kopi Kuningan menuju Pasar Global” adalah sebuah event yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan yang tujuannya untuk memperkuat model pemberdayaan UMKM yang selama ini telah dijalankan dan juga wujud dari apresiasi pemerintah terhadap keberadaan UMKM dalam pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kuningan.

Adapun tujuan spesifik dari kegiatan ini adalah untuk memberikan ruang kesempatan kepada pelaku UMKM dalam meningkatkan kapasitasnya, fasilitasi solusi permasalahan usaha, membuka peluang fasilitasi kemitraan, promosi produk, dan meningkatkan kepercayaan diri UMKM dalam menjalankan usahanya. Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi dan sinergitas multipihak Diskopdagperin yang bekerjasama dengan Kementerian KUKM, Perangkat Daerah Kabupaten dan Desa, Perguruan Tinggi, BUMN, BUMD, Swasta dan Paguyuban Desa Wisata Kuningan serta stakeholder Lainnya. (Bid IKP/ Diskominfo)

Share