Semangat Ngawangun Lembur Melalui Bimbingan Teknis Perencanaan Desa se-Kabupaten Kuningan

Bimbingan Teknis Perencanaan Desa

Tahun 2015 ini merupakan tahun pertama desa melaksanakan dan mengelola kegiatan membangun desa yang dananya berasal dari APBN. Pengelolaan kegiatan secara mandiri menuntut kemampuan teknis, administrasi yang memadai agar kegiatan berjalan dengan baik dan dapat dipertanggungjaabkan. Bimbingan Teknis Perencaaan Desa se-Kabupaten Kuningan ini diselenggarakan untuk menjawab persoalan-persoalan tadi.
 

Acara yang diselenggarakan di Hotel Horison Tirta Sanita tersebut berlangsung selama 4 hari (14-17 Desember 2015 yang dihadiri oleh Kaur Ekbang seluruh desa dan Kasi PPM seluruh kecamatan di Kabupaten Kuningan. Dalam bimbingan teknis tersebut menghadirkan Narasumber dari Direktur Perencanaan Pembangunan Kawasan Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi; Direktur Fasilitasi Pengembangan Kapasitas Aparatur Desa Kementrian Dalam Negeri dan Kepala Pusat Studi Pedesaan dan kawasan UGM.
 

Kepala BAPPEDA Kabupaten Kuningan, Drs. H. Maman Suparman, MM menyatakan bahwa dalam salah satu sasaran RPJMD, terdapat ngawangun lembur jadi pelaksanaan pembangunan desa telah dituangkan daam kebijakan pembangunan di Kabupaten Kuningan.
 

Bupati Kuningan, Hj. Utje Ch Suganda dalam sambutannya mengungkapkan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah atau disingkat RPJMD Kabupaten Kuningan tahun 2014-2018, Kabupaten Kuningan telah merumuskan “ Ngawaun Lembur” dalam salah satu sasaran misinya. Hal tersebut menunjukan bahwa Kabupaten Kuningan menunjukan cocern yang tinggi terhadap pembangunan di desa. ” Sebelum program membangun desa yang merupakan penjabaraan UU desa dilaksanakan pada tahun ini, Kabupaten Kuningan telah mencanangkan kebijakan tentang hal tersebut dalam RPJMD Kabupaten Kuningan tahun 2014-2018. Itu artinya Kabupaten Kuningan memiliki perhatian yang tinggi terhadap pembangunan di desa-desa,“ kata Bupati. ( Sumber : YHS, Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

Bimbingan Teknis Perencanaan Desa
Share