Sertijab, Sekda : Sektor Pertanian Berperan Penting Dalam Membangun Perekonomian Daerah

Kategori: 

KUNINGAN- Sekda Kuningan  Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si menyaksikan Serah Terima Jabatan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian  dari Plt Beni Prihayatno, S.Sos, M.Si kepada Drs. H. Ahmad Juber, M.Si yang dilantik Bupati Kuningan tanggal 17 Desember 2021. Bertempat di Aula dinas setempat, Kamis (30/12/2021).

Drs. H. Ahmad Juber, M.Si menyampaikan terima kasih atas amanah yang diberikan  untuk peran dan tugas di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan yang menurut informasi ada 511 pegawai terdiri dari PNS, P3K, CPNS provinsi, dan petugas lapangan dan lainnya. Semoga hal ini akan menjadi kebersamaan dalam meningkatkan produksi pangan sebagai bagian dari kebutuhan dasar. 

Dinas ini tak lepas bagaimana mampu mengolah tanah, untuk dijadikan media tanam yang produktif dengan ditunjang pembibitan, pemupukan, pemeliharaan dan penunjang lainnya, sehingga akan menghasilkan  panen yang produktif bagi para petani.

“Namun kita juga harus menyiapkan generasi muda untuk mau terjun mengolah tanah. Untuk itu perlu dukungan dan kerjasama juga dari SKPD lainnya,”ungkap Juber.

Sekda Kuningan mengatakan dimanapun ditugaskan kita harus bekerjasama  dalam peningkatan kinerja organisasi, untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat secara optimal, cepat, tepat dan akurat. Apalagi Dinas ini  memberikan peranan besar untuk kebutuhan pangan.

“Kita harus memiliki wawasan jauh kedepan, kreatif, inovatif, kaya akan gagasan dengan program yang berdaya guna dan berhasil guna. Disiplin, memiliki etika dan    menjadi teladan atau panutan bagi lingkungannya,” ungkap Dr. Dian Rachmat Yanuar dihadapan pegawai dan  jajaran dinas.

Kendati ada perubahan tempat kerja, Sekda Kuningan,  mengatakan pada substansinya kita memiliki tugas yang sama. Untuk itu, kita harus bisa beradaptasi  dan bersinergi untuk memberikan yang terbaik untuk Kuningan.  Dalam menjalankan tugas, fungsi dan kewenangan kita masing-masing.

Sekda selalu mengingatkan pentingnya Teamwork, kerjasama dalam tim sangat dibutuhkan karena kerja ini  bukan kerja perorangan, egoisme pribadi harus dikesampingkan. Disinilah kita harus membangun hubungan emosional, salah satunya dengan meluangkan waktu untuk bisa berkomunikasi bersama. Dalam menjalankan tugas ini, kita harus menyadari bahwa dinilai langsung oleh masyarakat.

Dia mengatakan sektor pertanian mempunyai peranan yang sangat penting dalam membangun perekonomian nasional termasuk perekonomian daerah, karena sektor pertanian berfungsi sebagai penyedia bahan pangan untuk ketahanan pangan masyarakat, sebagai instrumen pengentasan kemiskinan, penyedia lapangan kerja, serta pendapatan masyarakat.

“Semoga dengan Nahkoda  Drs. H. Ahmad Juber, M.Si selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, akan semakin meningkat pertumbuhan dari sektor pertanian dalam membangun perekonomian Kuningan,” ungkapnya (IKP/DISKOMINFO)

Share