Sosialisasi Penanggulangan HIV/AIDS, Bupati : Pemberian Informasi Mengenai Pencegahan HIV/AIDS Harus Diperkuat

Kategori: 

Kuningan,- Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. Membuka Kegiatan Sosialisasi HIV/AIDS Bagi Tokoh Agama Dan Tokoh Masyarakat Di Kabupaten Kuningan Tahun 2021 di Hotel Purnama Mulia Cigugur  Kabupaten Kuningan, Senin (6/12/2021).

Dalam kesempatan ini, Bupati menyampaikan, HIV/AIDS harus disikapi serius oleh seluruh lapisan masyarakat. Maka kata Bupati, kepada jajaran pengurus komisi penanggulangan AIDS agar dapat bersinergis dengan SKPD teknis untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang bagaimana HIV/AIDS dapat menular, termasuk juga kepada masyarakat agar dapat berpartisipasi dalam mengantisipasi dan menanggulangi HIV/AIDS di Kabupaten Kuningan.

Kepada peserta sosialisasi, Bupati Acep berharap, untuk menyimak dengan baik materi yang disampaikan dan menyebarkan materi tersebut kepada masyarakat sekitar serta dapat berpartisiasi mengukuti tes HIV, dengan demikian status kita dapat diketahui secara pasti dan dapat ditanggulangi selanjutnya.

Ia menjelaskan, pemberian informasi mengenai pencegahan HIV/AIDS kepada masyarakat serta kolaborasi pemerintah, pihak swasta dan seluruh masyarakat harus diperkuat.

“Masalah HIV dan AIDS bukan lagi masalah suatu negara atau suatu daerah saja, tetapi merupakan masalah global yang membutuhkan komitmen dan tindakan nyata dari semua komponen untuk mengatasinya” tutur Bupati.

Sebab, menurut diagnosa kesehatan, orang dengan HIV/AIDS harus memiliki optimisme bahwa penyakit itu bukan penyakit kutukan melainkan penyakit yang dapat diupayakan pencegahannya, dan sebagai warga masyarakat harus tahu kondisi tersebut dan dapat memperlakukan korban yang terpapar HIV/AIDS secara bijak dan manusiawi.

“Saya selaku Kepala Daerah dan Ketua KPA (Komisi Penanggulangan Aids) Kabupaten Kuningan merasa punya tanggungjawab moral untuk melakukan antisipasi atas penanganan bahaya penularan HIV/AIDS. Komisi penanggulangan Aids harus dapat dioptimalkan dalam melakukan sosialisasi, pencegahan dan penindakan terhadap bahaya HIV/AIDS, salah satunya adalah pemahaman secara komprehensif kepada para Kepala Desa, Kepala Kelurahan dan Kasi Kesra Kecamatan untuk disampaikan kembali kepada masyarakat lainnya,” ujarnya.

Sementara, Ketua Panitia, H. Nunung Nurjati., S. Pd., M. Si. menyampaikan kegiatan ini untuk menumbuhkan kesadaran, memperkuat kolaborasi, solidaritas dan kontribusi seluruh stakeholder dalam penanggulangan terhadap wabah HIV/AIDS di Kabupaten Kuningan.

“Kegiatan ini sebagai upaya pemerintahan untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan terhadap pandemik Aids yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV,” ujarnya. (BID IKP/DISKOMINFO).

Share