Talk Show Di Radio ‘Profesionalisme ASN’, Sekda Kuningan : Cintai Pekerjaan Maka Pekerjaan Akan Mencintai Kita

Kategori: 

KUNINGAN-Sekda Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si Talk Show di Radio Megaswara dalam program ‘Badami’ dengan pembahasan Profesionalisme  ASN. Acara dikemas dengan obrolan santai dan candaan khas Kuningan, Rabu ( 22/12/2021) Malam. Talk Show pun berjalan dengan komunikatif, dengan adanya pengunjung/pemirsa yang memberikan pertanyaan sekitar ASN.

Seperti pertanyaan yang diungkapkan Karim, Desa Maleber.  Apa ukuran profesionalisme ASN dan sejauh mana pembinaan terhadap ASN Pemerintah Kabupaten Kuningan. Sekda menjawab, Profesionalisme pegawai ASN dapat dipahami sebagai kemampuan ASN  untuk memiliki keterampilan  dalam melaksanakan pekerjaan sesuai dengan jenjangnya masing-masing.

“Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat profesional pegawai ASN dalam pelayanan publik , antara lain budaya organisasi publik, tujuan organisasi, struktur organisasi, tata kerja di birokrasi. Berkenaan dengan peningkatan Profesionalisme dilakukan juga melalui Diklat -diklat jabatan,”ungkap Dr. Dian Rachmat.

Sementara Roni, Desa Cidahu menanyakan kedisiplinan dan sanksi ASN yang melanggar. Sekda menjelaskan, dalam implementasinya, pengawasan kedisiplinan terhadap ASN dilakukan oleh atasan langsung pegawai. Apabila sudah dilakukan tindakan/proses dilingkungan internal  berupa teguran lisan dan tertulis.

“Jika tetap melakukan pelanggaran, maka atasan langsung/instansi terkait melaporkan kepada BKPSDM untuk dilakukan tindakan lebih lanjut oleh tim. Sehingga akan dilakukan penerapan hukuman disiplin yang lebih berat,”katanya.

Hal yang sama disampaikan  Mahmud, Desa Japara. Kalau ada laporan tentang pelanggaran atau keluh kesah masyarakat terhadap kinerja  ASN bagaimana mekanismenya? Sekda menjawab lakukan laporan secara tertulis dengan kronologis yang ada, akan lebih baik lagi bila mengarah pada pembuktian pelanggarannya, kemudian sampaikan ke Inspektorat.

Dalam penutupan siaran Badami ini, Sekda Dian menuturkan, jadilah  ASN yang adaptif, artinya harus bisa mengikuti perkembangan zaman seperti halnya perkembangan digitalisasi. Bagi yang menjadi ASN bahwa ini adalah pilihan, dan bagian dari takdir.

“Jadi jalankan tugas dengan  amanah.  Cintai pekerjaan, maka pekerjaan akan mencintai kita. Lakukanlah pekerjaan   dengan sepenuh hati. Sadari dan laksanakan, bahwa ASN sebagai pelayan masyarakat dan abdi negara,” ungkap Sekda dalam pesannya.

Didih Sediana Station Manager Radio Megaswara Kuningan, mengatakan Badami adalah salah satu program Talkshow Radio Megaswara yang dilaksanakan setiap Hari Rabu Pukul. 19.00 - 21.00 WIB. Badami juga bisa diartikan sebagai obrolan atau diskusi versi Radio Megaswara. Untuk menyampaikan informasi,  pengetahuan atau  mencari solusi yang dikemas secara santai dan candaan khas Kuningan.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Pak Sekda yang sudah berkenan untuk mengisi acara ini. Semoga Harapan kami dengan  kehadirannya  bisa membawa angin segar bagi media radio untuk terus bertahan dan berkembang sejalan dengan kemajuan teknologi internet,”ungkapnya. (IKP/DISKOMINFO)

Share