Tingkatkan Pelayanan, Pemkab Kuningan Siap Hadirkan Mal Pelayanan Publik

Kategori: 

CIGANDAMEKAR,- Dalam RPJMD Kabupaten Kuningan Tahun 2018-2023, salah satu isu strategis penanaman modal adalah rendahnya kualitas pelayanan publik dalam pengurusan perizinan berusaha. Rendahnya kualitas pelayanan publik tersebut, berpengaruh pada rendahnya tingkat penanaman modal di Kabupaten Kuningan.

“Isu strategi ini, menjadi pendorong Pemerintah Kabupaten Kuningan untuk melakukan inovasi pelayanan publik melalui penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik,” Ujar Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, saat memberikan arahan pada acara Forum Konsultasi Publik Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik Kabupaten Kuningan, yang digelar Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kab. Kuningan, Jumat (24/6/2022) di Aula Hotel Grage & SPA Kuningan.

Dikatakan Wabup, dengan hadirnya Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Kuningan, seluruh jenis layanan, baik layanan pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN maupun BUMD, berada di satu tempat, dengan tujuan memberikan kemudahan, kecepatan, kenyamanan, dan keterjangkauan kepada masyarakat dalam hal pengurusan perizinan berusaha di Kabupaten Kuningan.

“Dengan hadirnya MPP ini, tentunya akan berdampak pada peningkatan penanaman modal di Kabupaten Kuningan. Dan penanaman modal itu, sangat penting untuk pertumbuhan ekonomi dan kemajuan daerah,” tutur Wabup.

Sebagai bukti keseriusan dalam penyelenggaraan MPP, disampaikan Wabup, Pemkab Kuningan telah melakukan beberapa langkah konkrit dalam mewujudkan Mal Pelayanan Publik diantaranya, menandatangani komitmen penyelenggaraan MPP dengan Kemenpan RB, melakukan audiensi dan koordinasi dengan instansi lokal maupun vertikal, BUMN dan BUMD yang akan bergabung di MPP, serta melakukan renovasi gedung DPMPTSP sebagai lokasi MPP.

“Saya berharap melalui forum ini, semua dinas/instansi yang telah menyatakan kesediaan bergabung di MPP tetap memegang komitmennya sampai dengan terwujudnya MPP Kabupaten Kuningan. Semoga dengan terselenggaranya MPP di Kabupaten Kuningan, kualitas pelayanan publik dan penanaman modal di Kabupaten Kuningan dapat meningkat,” pungkasnya.

Hadir dalam forum tersebut, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB, Asisten Pembangunan dan Perekonomian Setda Kab. Kuningan DR. Ukas Suharfaputra, Kepala DPMPTSP Kab. Kuningan Drs. Agus Sadeli, M.Pd, Kepala Disdukcapil Kab.Kuningan Drs. Yudi Nugraha, M.Pd, Kepala Dinkes Kab. Kuningan dr. Hj. Susi Lusiyanti, MM, perwakilan instansi vertikal, serta para pelaku usaha di wilayah Kabupaten Kuningan. (BID IKP/DISKOMINFO)

Share