TMMD 2021 Dibuka Secara Resmi Oleh Bupati

Kategori: 
Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH., MH membuka secara resmi acara TNI Manunggal membangun Desa ke-111 TA 2021 di Bale Desa Jamberama, Kecamatan Selajambe, Selasa, (15/6/2021) 
 
Acara TNI Manunggal membangun Desa ke-111 TA 2021 mengusung tema "TMMD Wujud Sinergi membangun Negeri". 
 
Turut hadir dalam acara tersebut, Dandrem 063/Sunan Gunung Jati Cirebon, Kolonel (Inf) Elkines Villando Dewangga K, S.A P. , Dandim 0615/Kuningan, Letnal Kolonel CZI David Nainggolan, S.T. , Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda, MSi. , Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, MSi. , Ketua DPRD Kabupaten Kuningan, Nuzul Rachdy, SE. , Kapolres 885-Kuningan, AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya yang diwakili oleh Wakapolres 885-Kuningan, Kompol Jaka Mulyana, dan Forkopimda Kabupaten Kuningan. 
 
Kegiatan TNI Manunggal membangun Desa (TMMD) ke-111 Tahun 2021 di Desa Jamberama, menurut Bupati, sebagai orientasi kepada program pembangunan pemerintah daerah dan masyarakat pedesaan, dimana TNI akan ikut langsung membantu pembangunan fisik maupun nonfisik.
 
“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas partisipasi semua pihak, khususnya kepada Danrem 063/Sunan Gunung Jati Cirebon, Dandim 0615/Kuningan beserta seluruh jajaran, Polres Kuningan, SKPD, Mahasiswa Universitas Indonesia, dan seluruh pihak terkait, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan tertib dan damai,” ungkap Bupati. 
 
TMDD merupakan program terpadu lintas sektor TNI dan Kementerian baik pemerintah pusat atau daerah, maupun non pemerintah yang sedang dilaksanakan masyarakat guna meningkatkan akselerasi pembangunan perdesaan. 
 
“Kegiatan TMDD merupkan wujud nyata kebersamaan TNI dengan masyarakat, karena melalui kegiatan ini gotong-royong, partisipasi dan swadaya dari semua masyarakat semakin ditingkatkan,” tutur Bupati. 
 
Bupati berpesan, bahwa hasil-hasil pembangunan agar terus jaga dan pelihara, agar manfaatnya dapat terus dirasakan dalam kurung waktu yang lama. 
 
“Maka peran pemerintah desa, lembaga kemasyarakatan dan warga masyarakat sendiri sebagai pengguna sangatlah dibutuhkan, sehingga infrastruktur yang dibangun dapat dipergunakan dalam waktu yang lama,” tuturnya. 
 
Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati mengajak kepada seluruh masyarakat dan jajaran TNI, SKPD dan Mahasiswa atau Mahasiswi UI untuk terus meningkatkan kebersamaan dan kemanunggalan rakyat  dan tingkatkan semangat gotong-royong, partisipasi dan swadaya masyarakat dalam upaya pembangunan disetiap bidang. 
 
“Dengan begitu dapat tercipta masyarakat yang dinamis untuk membangun desa dengan memantapkan tekad, semangat dan pengabdian untuk bersama-sama menyongsong hari esok yang lebih baik dengan kerja keras, disiplin, yang dilandasi semangat kebersamaan gotong-royong,” pungkasnya. 
 
Sementara Dandrem 063/Sunan Gunung Jati Cirebon, Kolonel (Inf) Elkines Villando Dewangga K, S.A P. , menyampaikan bahwa, dengan akses pembangunan jalan ini untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya masyrakat Desa Jamberama.
 
“Dengan adanya pembangunan akses jalan yang bagus ini, dapat meningkatkan gairah dan semangat masyarakat untuk terus melaksanakan kegiatan, seperti bercocok tanam,” ungkapnya 
 
Pada kesempatan yang sama, Dandim 0615/Kuningan, Letnal Kolonel CZI David Nainggolan, S.T. melaporkan bahwa, tujuan dari kegiatan ini yaitu, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan yang bersifat fisik maupun nonfisik. 
 
“Kegiatan TNI Manunggal membangun Desa ke-111 TA 2021 berlangsung selama 30 hari, dari Senin, (15/6/2021) sampai Rabu, (14/7/2021) untuk mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh guna menciptakan suasana yang kondusif guna terwujudnya stabilitas desa,” ungkapnya. 
 
Kegiatan tersebut diakhiri dengan, Dandrem 063/Sunan Gunung Jati dan Bupati Kuningan beserta rombongan meninjau sasaran TMMD ke-111 TA 2021 dilanjutkan melaksanakan penanaman pohon.
Share