TMMD Ke-92 Tahun 2014 Dilaksanakan di Desa Cipakem

Kategori: 

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah salah satu wujud Operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana.

TMMD dilaksanakan sejak tahun 1980 di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, bertujuan guna menunjang keberhasilan pembangunan nasional dalam program TMMD selama ini. Kepala Staff Angkatan Darat ditunjuk sebagai Penanggung Jawab Operasional TMMD yang pada program tahun ini telah memasuki tahapan ke-92.
Di Kabupaten Kuningan Khususnya, Program TMMD ke-92 Tahun 2014, kali ini dilaksanakan di Desa Cipakem Kecamatan Maleber Kabupaten Kuningan yang merupakan wilayah binaan Kodim 0615 Kuningan. Kegiatan tersebut ditandai dengan dilaksanakannnya Upacara Pembukaan TMMD, di Lapangan Desa Cipakem Rabu (21/05). Kegiatan tersebut dihadiri Danrem 063/SGJ, Wakil Bupati Kuningan, Ketua DPRD Kuningan, Dandim 0615, Kapolres, Kepala SKPD, para Camat, Kepala Desa, PKK, Tokoh Masyarakat dan undangan lainnya.
Danrem 063/SGJ, Kol. Arm Beni Efendi, selaku Insfektur Upacara membacakan sambutan dari Kepala Staff Angakatan Darat. Dalam sambutannya mengemukakan bahwa, program TMMD ini dilaksanakan melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah sasaran dengan menggunakan bottom up planning system yang dilaksanakan secara komprehenif dan integral, karena melibatkan semua unsur yang terkait mulai dari tingkat desa dan kelurahan. Sasaran-sasaran yang dipilih berdasarkan skala prioritas, diteliti dan dipadukan dengan program pemerintah daerah, kemudian dibahaas di forum DPRD untuk disyahkan menjadi Program Pembangunan Daerah.
Selanjutnya, sebagaimana dipahami, selama ini program TMMD telah membantu tugas Pemerintah Daerah dalam meningkatkan akselarasi pembangunan di daerah dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memantapkan wawasan kebangsaan, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Kepala Staff Angkatan Darat, dalam sambutan yang dibacakan Danrem 063/SGJ berharap, melalui Program TMMD yang berkesinambungan, diharapkan akan dapat mewujudkan ketahanan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi berbagai ancaman, yang muaranya akan berdaya guna bagi kepentingan pertahanan negara.  
Adapun Kegiatan yang akan dilaksanakan dalam TMMD ke-29 di Desa Cipakem meliputi kegiatan fisik, merehabilitasi sarana dan prasarana yang rusak, meningkatkan sarana prasarana pedesaan berupa infrastruktur, fasilitas umum dan sosial. sedangkan kegiatan non fisik, meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara di kalangan masyarakat, kesadaran bela negara, penegakan hukum, disiplin nasional dan pengetahuan lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat pedesaan, seperti keluarga berencana, kesehatan, pertanian, peternakan, perikanan, dan lain-lain melalui penyuluhan atau kegiatan lainnya yang sifatnya memberikan pencerahan dan penguatan jatidiri bangsa. ( Sumber : YS, Bidang Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan ).

Share