Tour De Linggarjati Dipastikan Meriah

Kategori: 
toudelinggarjati

TOUR DE LINGGARJATI KUNINGAN LCC SERIES 18 adalah kejuaraan balap sepeda resmi berskala nasional dan internasional, yang akan diselenggarakan pertama kalinya pada tahun 2015 di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Kejuaraan ini dilaksanakan dalam beberapa kategori untuk atlet sepeda profesional dan amatir yang diadakan pada tanggal 21-23 Agustus 2015 dan berlangsung selama 3 hari.
 

Penamaan kegiatan Tour de Linggarjati disesuaikan dengan lokasi pelaksanaan kegiatan ini. Seperti kita ketahui Linggarjati menjadi bagian dari sejarah perjuangan kemerdekaan Bangsa Indonesia. Pada November 1946, desa ini menjadi tempat pelaksanaan Perundingan Linggarjati antara Indonesia dan Belanda, tepatnya di Gedung Linggarjati Kuningan. Melalui perundingan ini upaya bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan secara utuh diperjuangkan. Pada kejuaraan ini, Gedung Linggarjati merupakan bagian jalur lintasan lomba dan tempat finish lomba.
 

Pemerintah Kabupaten Kuningan, ISSI Kuningan dan Custom Cycling Club (CCC) Indonesia sebagai penyelenggara berharap bahwa melalui kegiatan ini akan semakin mengenalkan Kabupaten Kuningan sebagai daerah dengan potensi pariwisata yang layak dijual hingga ke mancanegara. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini, akan memacu pembangunan infrastruktur daerah serta membuka akses wilayah untuk pasar dan investasi. Sedangkan bagi masyarakat, akan memberi dampak positif beragam usaha ekonomi kreatif disekitar wilayah yang dilalui rute lomba, seperti tumbuhnya perhotelan, transportasi, kuliner, kerajinan, dan  tujuan wisata. Jika dikelola dengan baik dan menjadi agenda tahunan, bukan tidak mungkin kegiatan ini bisa mengikuti sukses Tour de Singkarakataupun Tour de Ijen yang telah lebih dulu menancapkan citranya di dunia pariwisata dan olahraga di Indonesia dan dunia internasional.
 

Tentu saja selain mengenalkan potensi pariwisata di Kabupaten Kuningan, tujuan utama dari kejuaraan ini tidak dilupakan, yaitu mencari potensi atlet balap sepeda berbakat serta pembinaan bagi atlet melalui perlombaan sesuai kategori masing-masing. Bekerjasama dengan CCC Indonesia untuk atlet balap sepeda professional dibuka 3 kategori, yaitu :

  1. Balap Sepeda ITT (Individual Time Trial)
    Hari Jumat tanggal 21 Agustus 2015;
    Waktu 08.00 – 10.30 WIB
    Route : Start : Balai desa Jalaksana – Finish : Gedung Perundingan Linggarjati. Jarak tempuh 8,2 Km.
  2. Balap Sepeda Individual Road Race
    Hari Sabtu/22 Agustus 2015;
    Waktu 08.00 – 12.00 WIB
    Start – Finish : Kantor Pemda Kabupaten Kuningan
  3. Balap Sepeda Criterium,
    Hari Minggu/23 Agustus 2015,
    Waktu 08.00 – selesai
    Start – Finish : Kantor Pemda Kabupaten Kuningan

Untuk kategori ini dapat dipastikan atlet sepeda dari Negara ASEAN akan datang untuk ikut menjajal track di Kabupaten Kuningan. Ratusan atlet nasional/pelatnas, atlet daerah dari berbagai provinsi serta atlet mancanegara akan adu cepat kemampuan mereka di Kuningan, melalui rute yang telah berkali-kali disurvey oleh tim CCC Indonesia.
 

Ditinjau dari kesiapan lomba, track dan kondisi infrastruktur jalan di Kuningan dinilai layak untuk penyelenggaraan lomba bagi atlet profesional ini. Apalagi didukung dengan kesiagaan sistem pengamanan oleh jajaran Polres dan Kodim Kuningan, serta Dinas Perhubungan dan Satpol PP Kabupaten Kuningan. Khusus, pada hari Minggu, sepanjang jalur jalan Siliwangi akan ditutup karena digunakan sebagai rute lomba kategori Criterium. Oleh karenanya, panitia memohon maaf jika aktivitas warga Kuningan sedikit terganggu. Namun pihak Polres Kuningan telah mengantisipasi penutupan jalan ini dengan rekayasa lalulintas di beberapa ruas jalan, agar aktivitas warga tetap dapat berjalan.
 

Kemeriahan Tour de Linggarjati harus dirasakan juga oleh masyarakat umum. Oleh karenanya bagi masyarakat umum dibuka kategori :

  1. Fun Bike,
    Minggu/23 Agustus 2015,
    start : Gedung Naskah Linggarjati – Finish : Pandapa Paramarta
  2. Cross country,
    HariSabtu, 22 Agustus 2015 ,
    Waktu 08.00 – 12.00 WIB
    Start :GedungNaskahLinggarjati –  Finish : DesaCibuntu.

 

Antusiasme peserta untuk kategori ini pun cukup tinggi, terbukti respon dari komunitas dan klub sepeda yang mendaftar sangat banyak, diperkirakan 3000 peserta akan memenuhi jalanan sepanjang Linggarjati – Kuningan. Ditambah ratusan peserta pehobby mountain bike yang akan menikmati indahnya pemandangan serta track menantang adrenalin rute Linggarjati – Desa Cibuntu.
 

Sementara itu, Bupati Kuningan Hj. Utje Ch. Suganda telah menghimbau masyarakat Kuningan dan panitia untuk menjadi tuan rumah yang baik. Sehingga peserta dan penonton yang datang dari luar daerah, bahkan mancanegara akan memperoleh kesan yang baik tentang Kuningan. “70 tahun yang lalu, Linggarjati telah menjadi saksi sejarah perjuangan bangsa di kancah internasional melalui perundingan Linggarjati, Kuningan menjadi sorotan public dunia. Sekarang, Kuningan kembali menjadi sorotan dalam gelar even Tour de Linggarjati yang melibatkan atlet dari Negara ASEAN, oleh karenanya pelaksanaan ini harus sukses, berkesan, aman dan tertib. Jadi, seluruh panitia serta personil lain yang terlibat, buatlah agar even ini meriah,” demikian tegasnya. Sementara Wakil Bupati Kuningan H. Acep Purnama, yang juga Ketua ISSI Kuningan berharap dari even ini akan ditemukan bibit atlet potensial yang mampu menoreh prestasi di bidang balap sepeda hingga tingkat internasional. ( Sumber : Tatiek RM )

 

      

 

pindah-arus-lalin
Share