Tutup Akhir Tahun, Bunda Menyapa Gelar Expo Dengan Meriah

Kategori: 

KUNINGAN,-  Upaya peningkatan produktivitas ekonomi rumah tangga, Bunda Menyapa melakukan kegiatan optimalkan pemanfaatan lahan pekarangan dengan tanaman pangan atau pertanian baik untuk konsumsi keluarga atau ke depan untuk peningkatan pendapatan ekonomi keluarga.

Hal ini disampaikan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj. Ika Siti Rahmatika, S.E pada saat menghadiri acara “Bunda Menyapa” (Membangun Desa Menata Sumber Daya Pangan Keluarga) di Desa Cibentang Kecamatan Kramatmulya, Rabu (29/12/2021).

Diketahui, kegiatan ini juga sekaligus penyerahan hadiah kepada pemenang lomba Bunda Menyapa yakni, juara I diraih oleh Desa Pamulihan, juara II oleh Desa Mandapajaya, Juara III Desa Cibentang, juara VI Desa Koreak dan juara V Desa Kertayasa.

Pada kesempatan ini, Ika menyampaikan dengan kegiatan ini Kader PKK dapat memahami pola makanan yang bergizi, seimbang dan aman sebagai bekal untuk meningkatkan kualitas hidup anak-anak calon generasi penerus bangsa.

“Untuk mencetak generasi yang cerdas, salah satunya adalah dukungan asupan gizi yang baik dan gizi yang baik tidak harus berasal dari makanan yang mahal,  dengan “Bunda Menyapa” ibu bapak dapat memenuhi gizi anak dan keluarga secara paripurna,” ungkapnya.

Ia juga berharap, bapak ibu di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian dapat meningkatkan skala untuk kegiatan lanjutan Bunda Menyapa, dengan dibantu pemasarannya serta lahan tidur milik pemerintah untuk kegiatan bunda menyapa, agar skalanya menjadi skala industri, untuk peningkatan ekonomi. 

“Kami ingin berdiskusi secara serius dengan Dinas, Kecamatan, Desa, ayo kita rumuskan kegiatan bersama berbasis keluarga, berbasis pertanian, berbasis UMKM, berbasis wisata dan yang lainnya.  Mari kita manfaatkan lahan tidur, lahan yang belum produktif, lahan yang belum digunakan untuk digarap bersama masyarakat sebagai wujud komitmen PKK Kabupaten Kuningan dalam mendukung Visi Kabupaten Kuningan MAJU (Makmur, Agamis, Pinunjul) berbasis Desa Tahun 2023,” imbuhnya.

Sementara Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. mengucapkan, “ terima kasih kepada Kecamatan/Desa/Kelurahan dan para PPL   yang telah meraih piagam penghargaan dan hadiah, kepada  Kecamatan/Desa/Kelurahan dan para yang belum meraih piagam penghargaan/ hadiah, tolong tingkatkan pemanfaatan lahan pekarangan, penggunaan pangan lokalnya dengan pola, tanam, petik , olah dan jual,” ungkapnya.

Expo bunda menyapa ini, kata Bupati mempunyai makna penting dan merupakan salah satu upaya untuk semakin mengintensifkan pemberdayaan pemanfaatan lahan pekarangan, untuk lebih mendayagunakan potensi daerah guna mewujudkan kuningan makmur, agamis dan pinunjul berbasis desa tahun 2023.

“Ayo kepada para Opd/ Skpd, Kecamatan, Desa/Kelurahan, Ibu-Ibu PKK/ Kader Posyandu dan unsur lainnya di Kabupaten Kuningan untuk berpartisipasi dalam memanfaatkan lahan pekarangan menjadi produk pangan yang bermanfaat bagi kehidupan kita. Pekarangan kita berdayakan dengan budidaya tanaman sayuran, buah-buahan, budidaya ikan dan ternak sebagai penyedia sumber gizi keluarga, hal ini akan berdampak positif terhadap ketahanan pangan nasional,” ungkapnya.

Kemudian Ketua Panitia H. Sanusi, SP., MP. menyampaikan peserta kegiatan ini berjumlah 350 orang, terdiri dari Dinas/Badan/Kantor,Camat,UPT Diskatan/Penyuluh, Kades, TP PKK Kabupaten, TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Kuningan.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran pentingnya mempertahankan kondisi ketahanan pangan di seluruh tingkatan mulai dari tingkat Desa, Kecamatan dan Kabupaten untuk mewujudkan masyarakat Kuningan bebas dari kelaparan, rawan pangan, kekurangan gizi dan stunting,” ungkapnya.

Turut Hadir pada kegiatan ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr. Dian Rachmat Yanuar, M. Si. , Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj. Yuana Ridho Suganda, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Kuningan Hj. Ella Dian, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan Drs. H. Ahmad Juber, M. SI. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan Dr. Wahyu Hidayah, M. Si. , dan undangan lainnya. (BID/IKP/DISKOMINFO) 

Share