Wabup Buka Kick Off Meeting Perencanaan Pembangunan Tahun 2023

Kategori: 

CIGANDAMEKAR,- Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, membuka kegiatan Kick Off Meeting Perencanaan Pembangunan Tahun 2023, yang mengangkat tema “Mencapai Daerah Yang Maju dan Unggul” bertempat di Ballroom Hotel Horison Tirta Sanita, Desa Panawuan, Kecamatan Cigandamekar, Selasa (21/12/2021).

Dalam sambutannya Wabup menyampaikan, Kick Off Meeting Perencanaan Pembangunan, dimaksudkan untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kuningan Tahun 2023, sebagai bahan acuan pelaksanaan Musrenbang, sebagaimana Permendagri Nomor 85 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Pembangunan Daerah Tentang RPJPD dan RPJMD Serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD, dan RKPD.

“Untuk itulah pada hari ini dilaksanakan Kick Off Meeting Perencanaan 2023, sebagai penanda telah dimulainya persiapan perencanaan 2023. Nantinya Kick Off Meeting ini, akan dilanjutkan dengan kegiatan Bimtek Aplikasi SIPD untuk operator di perangkat daerah, konsultasi publik, Musrenbang Kecamatan, sampai akhirnya tiba di Musrenbang Kabupaten yang akan dilaksanakan pada Maret 2023,” terang Wabup.

Dikatakan Wabup, perencanaan pada tahun ini memiliki makna yang sangat penting, karena merupakan penjabaran tahun ke-5 atau tahun terakhir dari RPJMD Kabupaten Kuningan periode 2019-2023. Untuk itu, Wabup mengajak seluruh jajaran dilingkup Pemkab Kuningan untuk bersama-sama membangun Kabupaten Kuningan dengan berbagai inovasi dalam mewujudkan Visi Kuningan MAJU, melalui perwujudan kemandirian ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal, daerah yang berdaya saing, dan pelayanan publik yang profesional berbasis TIK, serta penyelenggaraan tata pemerintahan daerah yang baik (Good Local Governance).

“Berkaitan dengan kondisi saat ini dan perkiraan tahun 2023, marilah kita membuka dan mencermati beberapa isu strategis dan permasalahan yang masih menjadi kendala dan tantangan di kabupaten kita ini. Hal tersebut dapat dijadikan dasar dalam penentuan program dan kegiatan,” tuturnya.

Selanjutnya Wabup berharap, penyelenggaraan pembangunan pada tahun 2023 akan lebih terarah, terukur, dan akuntabel, serta dapat menjawab isu-isu strategis dan permasalahan yang dihadapi pemerintah daerah secara tepat dan strategis.

“Untuk itu dibutuhkan sinergitas, kolaborasi, diskusi, serta proses panjang lainnya yang harus dilalui, termasuk agenda pada hari ini yaitu Kick Off Meeting RKPD Tahun 2023,” imbuhnya.

Kegiatan Kick Off Meeting Perencanaan Pembangunan Tahun 2023 yang dibuka Wakil Bupati itu, dihadiri Sekda Kuningan DR. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, Kepala Bappeda Drs. Usep Sumirat, para Kepala SKPD, para Camat, serta para Kabag lingkup Setda Kuningan. (BID IKP/DISKOMINFO)

Share