Wabup Buka Turnamen Bola Voli Putri Se-Kabupaten Kuningan

Kategori: 

KUNINGAN,- Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, menghadiri sekaligus membuka Turnamen Bola Voli Putri se-Kabupaten Kuningan, yang digelar Persatuan Wanita Olahraga (Perwosi) dan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kabupaten Kuningan, Sabtu (23/10/2021) di Gedung Olahraga Ewangga Kuningan.

Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kuningan sekaligus Ketua PBVSI Nuzul Rachdy, SE, mantan Bupati Kuningan dua periode H. Aang Hamid Suganda, S.Sos, unsur Forkopimda Kuningan, Ketua KONI Drs. H. Enay Sunaryo, M.Si, Kepala Disporapar DR.H. Toto Toharudin, M.Pd, Pimpinan Bank BJB Kuningan Iwan Setiawan, para camat, serta sejumlah undangan lainnya.

Wakil Bupati dalam sambutannya menyampaikan, olahraga bola voli merupakan salah satu olahraga yang sangat digemari masyarakat selain sepak bola. Sebab itu, bola voli selalu mendapat respon positif di tengah masyarakat. Untuk itu, Wabup mengapresiasi event yang digelar Perwosi dengan menggandeng PBVSI, yang akan mempertandingkan puluhan tim bola voli putri se Kabupaten Kuningan selama satu minggu kedepan.

“Saya atas nama pribadi dan pemerintah, mengapresiasi turnamen yang digelar Perwosi dan PBVSI ini. Disini kita akan lihat, bagaimana atlet-atlet bola voli puteri kuningan akan berlaga dikejuaraan ini. Sekaligus kita akan melihat potensi-potensi yang akan mewarnai olahraga bola voli di Kabupaten Kuningan untuk masa mendatang,” ujar wabup.

Wabup meminta, selain sebagai ajang pencarian bibit-bibit atlet bola voli di Kabupaten Kuningan, event tersebut, juga diharapkan menjadi ajang silaturahmi bagi para pemain dan official yang mengikuti turnamen. Karena menurutnya, warisan terbaik dalam sebuah pertandingan adalah kebersamaan.

Senada, Ketua PBVSI Kuningan Nuzul Rachdy mengungkapkan, tujuan utama dalam sebuah pertandingan olahraga adalah untuk mempererat silaturahmi. Karena dengan silaturahmi, akan tercipta kekompakan antar pemain, pelatih, dan official. Selain itu, akan saling mengenal dan timbul rasa kebersamaan diantara para pemain.

“Jika kita lihat kebelakang, salah satu upaya pendiri bangsa kita untuk mempersatukan Indonesia pada saat pasca proklamasi kemerdekaan, yaitu diselenggarakannya PON pada tahun 1948. Tujuan penyelenggaraannya untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Jadi jika diperhatikan, olahraga ini dapat menjadi salah satu bentuk wujud dari sebuah wadah eksistensi dalam membingkai sebuah nasionalisme kebangsaan,” ujar Zul (red_panggilan akrab ketua DPRD).

Dengan antusiasnya para pemuda dalam berolahraga, Zul meyakini, kedepan dunia olahraga di Kabupaten Kuningan akan memiliki generasi emas dengan prestasi yang gemilang. “Olahraga merupakan alat yang efektif, inovatif dan kreatif dalam memberdayakan pemuda agar nantinya tercipta perdamaian dan pembangunan kapasitas diri seorang pemuda dalam mempersembahkan kontribusi positif bagi bangsa dan negaranya,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Perwosi Kabupaten Kuningan Hj. Yuana Ridho Suganda, SH, dalam laporannya menyampaikan, Turnamen Bola Voli Putri se Kabupaten Kuningan tersebut, dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda yang ke-93 Tahun 2021. Adapun tujuan dilaksanakannya event itu, adalah untuk menggali dan menjaring potensi pemain bola voli perempuan di Kabupaten Kuningan, sekaligus meningkatkan kepedulian dan kecintaan terhadap olahraga bola voli.

“Turnamen ini akan mempertandingkan dua kelas yaitu, kelompok 17 tahun puteri yang diikuti 16 kecamatan, dan kelompok bebas usia yang diikuti 26 tim dari 25 kecamatan. Dan akan memperebutkan Trophy PBVSI dan PERWOSI Tahun 2021,” jelas Yoan (red_panggilan akrab Hj. Yuana Ridho Suganda).

Yoan berharap, seluruh tim yang mengikuti turnamen dapat bermain secara sportif, agar pertandingan dapat berjalan aman dan lancar.

Selanjutnya pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Kuningan, bersama ketua PBVSI dan Perwosi, melakukan service kehormatan sebagai tanda dibukanya turnamen tersebut. (BID IKP/DISKOMINFO)

Share