Wabup Dampingi Kunker Komisi V DPR RI Ke Bendungan Kuningan

Kategori: 

CIBEUREUM,- Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, mendampingi Kunjungan Kerja (Kunker) Spesifik Komisi V DPR RI ke Bendungan Kuningan, Kecamatan Cibeureum, Rabu (9/9/2021). Hadir dalam kunjungan tersebut, Kabag Umum BBWS Cimanuk-Cisanggarung, Dirjen Pengairan Kementerian PUPR, Kepala Dinas PUPR Kab.Kuningan, serta sejumlah undangan lainnya.

Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada rombongan komisi V DPR RI di Bendungan Kuningan. Bendungan Kuningan, dikatakan Wabup, yang dibangun sejak tahun 2014 telah rampung pembangunannya dan operasionalnya telah diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada Selasa 31 Agustus 2021 minggu lalu.

Dihadapan rombongan Komisi V DPR RI Wabup menyampaikan, Bendungan Kuningan yang memiliki luas 302,26 Ha, dapat menampung volume air sebanyak 25,955 juta M³. Dimana penggunaannya, akan dimanfaatkan sebagai sumber pengairan area pertanian di Kabupaten Kuningan dan sekitarnya, termasuk Kabupaten Brebes.

“Selain sebagai sumber pengairan pertanian, Bendungan Kuningan juga diharapkan bisa menjadi icon wisata air baru di Kabupaten Kuningan,” ucapnya.

Senada, Kabag Umum BBWS Cimanuk-Cisanggarung Teguh Widodo, S.Sos., mewakili M.Si, pada kesempatan tersebut mengatakan, selain memberikan manfaat di sektor pertanian, keberadaan Bendungan Kuningan dapat memberikan manfaat lain kepada masyarakat diantaranya, sebagai Irigasi 3000 Ha (D.I Cileuweung 1000 Ha dan D.I Cijangkelok 2000 Ha), pengendali banjir, menghasilkan air baku 300 Liter/ detik, serta dapat menghasilkan potensi tenaga listrik 500 KW.

Sementara, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Arwani Thomafi selaku ketua rombongan pada kunjungan tersebut mengatakan, komisi V sebagai komisi yang memiliki fungsi pengawasan dan anggaran berharap, pembangunan Bendungan Kuningan yang menghabiskan anggaran sekitar 500 milyar tersebut, dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kabupaten Kuningan khususnya, dan masyarakat sekitar Kuningan pada umumnya.

“Saya mengapresiasi pembangunan Bendungan Kuningan ini. Semoga keberadaan Bendungan Kuningan, bisa memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kuningan maupun luar Kabupaten Kuningan,” imbuhnya.

Dalam kunjungan tersebut, juga dilaksanakan serah terima cinderamata, dilanjutkan dengan peninjauan area bendungan. (BID IKP/DISKOMINFO)

Share