Wabup dan Ketua DPRD Tes VCT

Kategori: 
Wabup dan Ketua DPRD Tes VCT

Wakil Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, MH, dan Ketua DPRD Kuningan, Rana Suparman didampingi Kepala Bagian Humas Setda, Drs. Asep Budi Setiawan, M.Si, di tes Voluntery Counseling dan Testing (VCT), Minggu (30/11/2014) di Pandapa Paramarta, tes VCT ini merupakan pemeriksaan sukarela dari kemungkinan terkena infeksi menular seksual (IMS) atau HIV/AIDS. Kegiatan yang digelar oleh Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) dan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, juga Komisi Penanggulangan Aids tersebut juga menggelar beberapa kegiatan gratis diantaranya donor darah, pemeriksaan kesehatan, pengobatan kesehatan, papsmear, KB, serta dimeriahkan dengan live musik.
 

Ketua PKBI, Bambang Sutikno mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan hari Aids Sedunia, yang seyogianya merupakan kepedulian dalam upaya memberikan pendidikan kesehatan kepada masyarakat terhadap bahaya penyakit HIV/AIDS. “ Menurut data Dinas Kesehatan, sebanyak 198 kasus HIV/AIDS telah terjadi di Kabupaten Kuningan, hal ini perlu perhatian khusus dari pihak-pihak terkait untuk dapat menanggulanginnya,” ungkapnya.
 

Sementara itu Wakil Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, MH, mengatakan kegiatan peringatan hari Aids sedunia merupakan sarana sosialisasi kepada masyarakat dalam upaya memberikan pendidikan tentang bahaya HIV/AIDS.
 

“ Hari ini kegiatan peringatan hari Aids sedunia digelar di Pandapa Paramarta, gaung peringatan ini harus juga sampai ke pelosok daerah di Kabupaten Kuningan sehingga tidak hanya masyarakat yang ada di Kota Kuningan saja yang tahu, masyarakat yang tersebar di 32 kecamatan di Kabupaten Kuningan juga harus ikut serta memperingati,” tandasnya.
 

Hal ini, lanjut Beliau, sangat strategis untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat dalam upaya penanggulangan HIV/AIDS. “ Sosialisasi tentang HIV/AIDS ini penting dilakukan agar masyarakat sedini mungkin mengetahui terkait penyakit HIV/AIDS, hari ini saya memberikan contoh dengan melakukan tes VCT, ini merupakan bagian dari sosialisasi bagaimana pentingnya menjaga kesehatan,” kata Wabup.
 

Wabup berharap, kegiatan ini terus dilaksanakan secara berkesinambungan dalam rangka mempersiapkan masyarakat Kabupaten Kuningan yang sehat serta terbebas dari penyakit HIV/AIDS. Penyakit HIV/AIDS ini sangat berbahaya sehingga kemudian dapat mengakibatkan kematian, untuk itu sangat penting sosialisasi, serta pendidikan kesehatan bagi masyarakat. ( Sumber : Beben, Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

Wabup dan Ketua DPRD Tes VCT
Wabup dan Ketua DPRD Tes VCT
Share