Wabup Dorong Pentingnya Digitalisasi Koperasi

Kategori: 

KUNINGAN,- Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, mendorong pentingnya digitalisasi koperasi di era teknologi informasi saat ini. Menurutnya, digitalisasi koperasi merupakan suatu keniscayaan dan kebutuhan.

Dikatakan Wabup, perlu adanya terobosan-terobosan untuk mengubah perspektif koperasi yang semula dianggap kolot menjadi kekinian. Perspektif layanan koperasi yang semula dilakukan secara manual menjadi serba digital.

"Transformasi digital di koperasi adalah sebuah keniscayaan. Transformasi digital di koperasi adalah kebutuhan," kata Wabup, saat membuka kegiatan Pendidikan Menengah Koperasi Mahasiswa (Kopma) Arya Kamuning Universitas Kuningan, Sabtu (9/10/2021) di Aula Fakultas Ekonomi universitas setempat.

Wabup mengemukakan, koperasi memang harus melakukan banyak lompatan, tujuannya tiada lain adalah meningkatkan kesejahteraan anggota yang menjadi anggota koperasi tersebut. Sehingga, sambungnya, membangun kebangkitan ekonomi melalui kebangkitan koperasi bisa terwujud.

“Koperasi tidak akan lepas dari peradaban di Indonesia, karena Koperasi adalah soko guru perekonomian Indonesia. Namun koperasi harus mengikuti perkembangan zaman. Tetap pertahankan budaya, tapi harus mengikuti perkembangan teknologi informasi yang sedang berkembang saat ini,” ujarnya.

Jajaran Kopma Arya Kamuning Uniku, dikatakan Wabup, saat ini memiliki banyak pekerjaan rumah dalam upaya mendorong serta membangun ekosistem digital untuk mendorong pertumbuhan koperasi, termasuk upaya meregenerasi arah koperasi.

"Digitalisasi koperasi ini penting, agar kemudian kita mampu menciptakan koperasi yang adaptif sesuai dengan kepentingan zaman yang sekarang berkembang," tandasnya.

Hadir pada kegiatan tersebut, Dekan FE Uniku, Perwakilan Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagperin) Kabupaten Kuningan, Pembina Kopma Arya Kamuning, Ketua Kopma Arya Kamuning, dan jajaran pengurus serta anggota Kopma Arya Kamuning. (BID IKP/DISKOMINFO)

Share