Wabup Dukung “KIAT SUKSES” Untuk Peningkatan Pelayanan Adminduk Terhadap Akses Pendidikan Di Kabupaten Kuningan

Kategori: 

KUNINGAN,- Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, mendukung serta menyambut baik Program KIAT SUKSES (Kartu Identitas Anak Terpadu Bagi Siswa Untuk Kelangsungan Sekolah) yang diluncurkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kuningan dalam upaya peningkatan pelayanan Administrasi Kependudukan, khususnya terhadap akses pendidikan.

“Saya mendukung serta menyambut baik atas dilaunchingnya program KIAT SUKSES yang dilakukan Disdukcapil. Ini merupakan inovasi, karena pendidikan merupakan bagian dari pelayanan publik yang perlu didukung dengan dokumen kependudukan,” ujar Wabup, saat membuka kegiatan Peningkatan Akses Layanan Konsultasi dan Pengaduan Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat, sekaligus Launching dan Uji Coba Program KIAT SUKSES, di Aula SMPN 2 Kuningan, Rabu (27/10/2021).

Dikatakan Wabup, pelayanan publik menjadi semakin penting karena senantiasa berhubungan dengan masyarakat yang memiliki keaneka ragaman kepentingan dan tujuan. Oleh karena itu, terkait dengan hal tersebut, sambungnya, pemerintahan merupakan organisasi terdepan yang berhubungan dengan pelayanan publik. Terutama dalam memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan dan kepentingannya.

“Seiring dengan kemajuan zaman, tuntutan akan pelayanan publik juga semakin meningkat. Masyarakat bukan hanya mengharapkan terpenuhinya kebutuhan pelayanan yang baik, tetapi lebih dari itu, masyarakat mulai mempertanyakan kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah. Maka untuk mewujudkan Good Goverment, adalah dengan memberikan pelayan publik yang optimal kepada masyarakat,” imbuh Wabup.

Hal senada, juga disampaikan Kepala Keasistenan Pengaduan Masyarakat Ombusdman RI Perwakilan Jawa Barat, Sartika Dewi. Pihaknya juga menyambut baik upaya yang dilakukan Pemkab Kuningan terkait pelayanan dibidang administrasi kependudukan.

“Sebagai lembaga pengawasan terhadap pelayanan publik, kami sangat mendudung program KIAT SUKSES yang hari ini dilaunching Disdukcapil Kabupaten Kuningan. Dan ini sejalan dengan prioritas ombusdman pada 2021 ingin melakukan pemantauan dan identifikasi terkait permasalahan administrasi kependudukan dan bagaimana sinergitas kolaborasinya dengan pendidikan yang lain,” tutur Sartika.

Terkait dengan program KIAT SUKSES, kartika berharap, adanya integritas antara Kartu Identitas Anak Terpadu dengan Data Pokok Pendidikan (DAPODIK), sehingga permasalahan Kartu Keluarga yang tidak aktif dan jarak untuk zonasi dalam PPDB bisa terselesaikan hanya dengan satu dokumen.

Selanjutnya, Sartika juga menjelaskan, selain pengawasan pelayanan publik, Ombudsman juga memiliki tugas memberikan edukasi kepada masyarakat berkaitan hak atas pelayanan publik dan tata cara menyampaikan laporan ketika terjadi penyimpangan dalam pelayanan publik.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan penyerahan secara simbolis Kartu Identitas Anak Terpadu kepada sejumlah siswa oleh Wakil Bupati Kuningan, didampingi Kepala Disdukcapil Kabupaten Kuningan Drs. Yudi Nugraha, M.Pd, dan Kepala Disdikbud Kabupaten Kuningan, Drs. H. Uca Somantri , M.Si, turut disaksikan para Kepala SMP se Kabupaten Kuningan. (BID IKP/DISKOMINFO)

Share