Wabup : FPK Berperan Penting Menjaga Kesatuan Dan Keutuhan Bangsa

Kategori: 

KUNINGAN,- Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) memilki peran yang sangat penting dan strategis membantu pemerintah dalam menjaga kesatuan dan keutuhan bangsa. Layaknya masyarakat Indonesia secara umum, saat ini masyarakat di Kabupaten Kuningan yang juga terdiri dari berbagai suku, agama, ras dan golongan mengalami pengerusan nilai-nilai kebangsaan yang disebabkan arus globalisasi, yang dapat mengakibatkan rentan terhadap konflik.

“Untuk itu, FPK memilki peranan penting dan kehadirannya sangat dibutuhkan dalam rangka mewujudkan keutuhan sebagai pemersatu dan perekat bangsa dalam kontek kehidupan berbangsa dan bernegara,” Ujar Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, saat membuka kegiatan Sosialisasi Forum Pembauran Kebangsaan, yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kuningan, Selasa (14/12/2021) di Aula Wisma Permata.

Dikemukakan Wabup, saat ini kualitas persatuan dan kesatuan bangsa mulai menurun. Hal itu, sambungnya, terlihat dengan banyak terjadinya berbagai konflik dan permasalahan di masyarakat yang disebabkan oleh perbedaan suku, agama, ras dan antar golongan. Ditambah dengan pola hidup yang individulaistik serta mengagungkan kebebasan.

“Alhamdulillah, di Kabupaten Kuningan tidak pernah terjadi konflik karena perbedaan itu. Ini menunjukan, meski masyarakat Kuningan memiliki latar belakang suku, agama, dan ras yang berbeda, namun harmonisasi, kerukunan, dan persatuan tetap terjaga. Salah satu buktinya adalah masyarakat Cigugur, yang selalu menjaga kerukunan meski berbeda dalam keyakinan,” ucapnya.

Selanjutnya Wabup berharap, Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Kuningan dapat menjadi motivator untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya kerukunan, terutama dalam menghindari hal-hal yang menimbulkan disharmonisasi dalam kehidupan beragama, bernegara dan bermasyarakat.

“Karena disharmonisasi akan bermuara pada terhambatnya penyelenggaraan roda pemerintahan dan pembangunan,” pungkasnya. Hadir pada acara sosialisasi tersebut, Kepala Bakesbangpol Dr. H. M Budi Alimudin, M.Si, Ketua FPK, perwakilan FPK Kecamatan, dan para Kasi Kesra Kecamatan se Kabupaten Kuningan. (BID IKP/DISKOMINFO)

Share