Wabup : Karang Taruna Harus Bermanfaat Untuk Masyarakat

Kategori: 

LEBAKWANGI,- Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda, SH., MH, mengharapkan karang taruna yang merupakan organisasi swadaya masyarakat yang di dalamnya berisi kumpulan pemuda dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.

"Karang taruna yang tumbuh dari oleh dan untuk masyarakat sehingga harus bermanfaat bagi masyarakat," kata Wakil Bupati pada kegiatan Peningkatan Kapasitas karang taruna kabupaten kuningan tahun 2021, di Graha Bendungan, Desa Bendungan, Kecamatan Lebakwangi, Rabu (24/3/2021).

Menurut Wabup, kegiatan peningkatan kapasitas karang taruna juga merupakan momen penguatan integritas karang taruna. sehinga, sambungnya, melalui kegiatan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai momentum untuk saling memberikan informasi, serta membangun jejaring kerja di seluruh Kabupaten Kuningan.

"Hal itu untuk peningkatan kapasitas karang taruna dalam penyelenggaraan meningkatkan kesejahteraan sosial untuk masyarakat," ucap Wabup.

lebih lanjut Wakil Bupati mengatakan, peningkatan kesejahteraan sosial itu misalnya ada problem masyarakat sekitar seperti maraknya penggunaan narkoba/napza bagi generasi muda dan kekerasan terhadap perempuan serta maraknya minuman oplosan dan problem sosial lainnya. Karang taruna harus siap menjadi pemberi peringatan awal, agar problem tersebut tidak semakin membesar.

"Tumbuhkan rasa peduli kepada sesama terutama bagi mereka yang menjadi penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) dan pertahankan budaya gotong royong agar tidak luntur ditelan masa," jelasnya.

Pada kesempatan itu wabup mengajak, untuk mewujudkan pertumbuhan dan perkembangan kesadaran tanggung jawab sosial setiap generasi muda warga karang taruna dalam mencegah, menangkal, menanggulangi dan mengantisipasi berbagai masalah sosial, Sekaligis Perlu membentuk jiwa dan semangat kejuangan generasi muda warga karang taruna yang terampil dan berkepribadian serta berpengetahuan dan pentingnya penumbuhan potensi dan kemampuan generasi muda dalam rangka pengembangan keberdayaan warga karang taruna.

"Perlu menjalin kerjsama antar generasi muda warga karang taruna dalam rangka mewujudkan taraf kesejahteraan sosial bagi msyarakat," pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Camat Lebakwangi, perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), perwakilan Dinas Sosial, Kades Bendungan, serta pengurus karang taruna se Kecamatan Karangkancana, Ciwaru, Maleber dan Kecamatan Lebakwangi. (BID IKP/DISKOMINFO)

Share