Wabup : Karang Taruna Harus Mampu Gali Potensi Desa

Kategori: 

KRAMATMULYA,- Karang Taruna sebagai organisasi sosial harus menjadi mitra kerja pemerintah dan seirama dalam membangun wilayah. Pemuda sebagai generasi penerus, harus bisa menjadi potensi desa dengan cara mengembangkan oleh masing-masing pengurusnya.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda, SH., M.Si saat memberikan pembinaan kepada Karang Taruna Tunas Mandala Giri Desa Kalapagunung, Kecamatan Kramatmulya di Aula Kantor Pemdes setempat, Kamis (21/1/2021).

Hadir pada kesempatan tersebut, Camat Kramatmulya, Guruh Irawan Zulkarnaen, S.STP., M.Si, Kades Kalapagunung, Dedi Sudirman, Babinsa dan Babinkamtibmas, dan Ketua Karang Taruna Tunas Mandala Giri, Heri beserta jajaran pengurus.

“Karang Taruna harus mampu menggali seluruh potensi yang ada di desa agar berkembang dan bernilai manfaat untuk masyarakat. Karena fungsi Karang Taruna adalah membantu pemerintah desa dalam mengentaskan permasalahan sosial,” ucapnya.

Dikatakan Wabup, organisasi Karang Taruna harus mampu membangun desanya menjadi Iebih maju lewat inovasi dan terobosan para pemudanya. Karang Taruna juga, sambungnya, harus bisa menghidupkan peran serta pemuda dalam pembangunan desa melalui berbagai kegiatan sosial dan pemberdayaan masyarakat.

Untuk itu, lanjutnya, Karang Taruna harus berdampingan dengan pemerintah dan komponen masyarakat lainnya untuk pengembangan potensi generasi muda di desa dalam rangka pembangunan desa ke arah yang lebih baik.

Ditambahkan, banyak hal yang bisa di lakukan anggota Karang Taruna untuk mewujudkan peningkatan kesejahtaraan sosial bagi warga desa pada umumnya, dan khususnya pemuda.

“Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomi produktif. Salah satunya dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia di lingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang ada,” tutupnya. (Bid IKP/DISKOMINFO)

Share