Wabup : Karang Taruna Tidak Akan Bermanfaat Kalau Tidak Tahu Fungsinya

Kategori: 

JAPARA,- Karang Taruna, sebagai organisasi kepemudaan terbesar di dunia, merupakan tempat berkumpulnya para pemuda yang senantiasa meningkatkan dan menguatkan fungsi kelembagaan dan perannya dalam masyarakat. Serta diharapkan mampu menjaga nilai-nilai kearifan lokal yang dimiliki dan menjadi sentral untuk mempercepat pembangunan.

Hal itu, disampaikan Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, saat memberikan arahan dalam kegiatan Peningkatan Kapasitas Karang Taruna Desa se Kabupaten Kuningan Tahun 2021, di Aula Balai Desa Japara, Kecamatan Japara, Selasa (23/3/2021).

“Tinggal kita berfikir, fungsinya kita masuk karang taruna teh apa sih?. Karena kalau kita tidak memahami fungsinya masuk ke karang taruna, saya yakin karang tarunanya tidak akan bermanfaat,” ucap Wabup.

Dijelaskan Wabup, fungsi karang taruna adalah sebagai mitra kerja pemerintah desa dalam menjalankan berbagai program pembangunan, terutama dalam hal pengentasan kesenjangan sosial masyarakat. Untuk itu Wabup meminta, karang taruna harus terlibat aktif dalam setiap fase pembangunan, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, maupun pengawasan.

“Karang taruna harus mampu menunjukan perannya dan tegas memposisikan dirinya. Dimana karang taruna harus tampil sebagai mediator dan fasilitator untuk membawa aspirasi pemuda kepada pemerintah, sekaligus menjadi mitra pemerintah desa dalam menjalankan berbagai program pembangunan,” tuturnya.

Sebagai organisasi yang dibentuk oleh kepala desa, dikatakan Wabup, karang taruna memilki tugas membantu kepala desa, agar apa yang dilaksanakan kepala desa bisa dijalankan dengan jauh lebih mudah dan lebih ringan. Karang taruna sambungnya, harus memilki tujuan yang sama dengan pemerintah desa, yaitu mengatasi berbagai permasalahan sosial, ekonomi, lingkungan, peningkatan SDM, dan pembangunan.

“Kita sebagai pemuda mempunyai peran dan fungsi di tengah-tengah masyarakat yang sangat krusial. Karena Kabupaten Kuningan secara keseluruhan membutuhkan generasi muda yang mampu memberikan kontribusi dalam setiap sisi pembangunan, mulai dari sosial, ekonomi, keagamaan, lingkungan, peningkatan SDM, dan pembangunan,” imbuhnya.

Selanjutnya Wabup berharap, karang taruna dapat menjadi pelopor pembangunan di desa dengan memberikan program-program yang inovatif dan solutif, sehingga keberadaanya mampu menyejahterakan masyarakat serta membawa desa menjadi desa yang unggul dan mandiri.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Camat Japara, perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), perwakilan Dinas Sosial, Kades Japara, serta pengurus karang taruna se Kecamatan Japara, Jalaksana, Kramatmulya dan Kecamatan Cigandamekar. (BID IKP/DISKOMINFO)

Share