Wabup : Kerukunan Antar Umat Beragama Sebagai Dasar Terciptanya Kondusifitas

Kategori: 

CIGUGUR,- Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda, SH., M.Si mengatakan, kerukunan antar umat beragama sebagai dasar terciptanya kondusifitas dan merupakan modal utama dalam membangun daerah.

“Pelangi saja, indah karena warnanya yang berbeda. Jadi, Perbedaan jangan diperdebatkan atau dipertentangkan. Ini harus disyukuri sebagai rahmat Tuhan Yang Maha Esa. Kerukunan antar umat beragama merupakan dasar terciptanya kondusifitas. Kita harus mengelola keberagaman ini sebagai kekuatan besar masyarakat kita, sehingga tidak mudah terpecah belah,” Kata Wabup, saat membuka kegiatan Jalan Santai dan Penanaman Pohon Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kab.Kuningan, di Area Wisata Sukageuri View, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Senin (21/12/2020).

Dikatakan Wabup, Sebagai Desa Sadar Kerukunan, Desa Cisantana merupakan salah satu miniatur dan contoh kehidupan toleransi antar umat beragama di Indonesia. Karena di Desa Cisantana, lanjutnya, masyarakat yang berbeda keyakinan dapat hidup bersama dan berdampingan tanpa pernah terjadi konflik agama.

“Meski berbeda keyakinan, bahkan ada dalam satu keluarga memeluk agama yang berbeda, disini (red_Desa Cisantana) masyarakatnya sejak dulu hidup berdampingan dan terus menjaga kerukunan hingga sekarang. Ini bukti bahwa masyarakat Cisantana menjunjung tinggi toleransi dalam kehidupan sehari-hari," ucapnya.

Selanjutnya Wabup meminta, agar kerukunan yang sudah terjaga dapat terus dipelihara, karena dengan kerukunan, menurutnya, akan terciptanya keamanan dan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat. “Kuncinya sederhana agar kerukunan ini tetap terjaga. Yang mayoritas menjaga minoritas, yang minoritas menghormati yang mayoritas,” pungkasnya.

Usai membuka kegiatan tersebut, selanjutnya Wakil Bupati Kuningan melakukan penanaman pohon di lokasi setempat, didampingi Kepala Kememag Kab.Kuningan, Camat Cigugur, Didin Bahrudin, M.Si beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan, dan Ketua FKUB Kab.Kuningan, KH. Akhidin Noor beserta jajaran. (BID/IKP/DISKOMINFO)

Share