Wabup : Pemuda Harus Berperan Dalam Pembangunan

Kategori: 

MANDIRANCAN,- Pembangunan pemuda merupakan agenda strategis dalam mempersiapkan generasi masa depan yang tangguh dan mampu berperan dalam pembangunan bangsa. Selain itu, dapat memanfaatkan juga peluang demografi dan kemajuan teknologi digital di tengah pendemi Covid-19 maupun ancaman resesi ekonomi dunia. Peran pemuda sejatinya tidak hanya ditempatkan sebagai penerima manfaat pembangunan, melainkan juga sebagai pengendali dan terlibat aktif didalamnya.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, saat memberikan sambutan pada acara Pengukuhan Karang Taruna Pusaka Nenggala, Desa Nanggela, Kecamatan Mandirancan, Jumat (23/4/2021) sore.

Wabup mengatakan, bahwa pembangunan kepemudaan selayaknya menjadi front guard atau garda terdepan dalam seluruh sektor pembangunan.

"Karang taruna sebagai wadah generasi muda yang usianya 16 hingga 30 tahun semestinya terlibat aktif dan dilibatkan dalam seluruh sektor pembangunan. Apakah itu olahraga, pariwisata, kebudayaan, kesehatan dan sebagainya. Pada usia ini, generasi muda seharusnya ditempa dengan berbagai ilmu pengetahuan, keterampilan dan pendidikan karakter yang kuat, sehingga pada saatnya nanti mereka memimpin, kapasitas dirinya sudah mumpuni," ujar Wabup.

Lebih lanjut Wabup menyebut, karang taruna merupakan satu-satunya wadah organisasi pemuda yang bergerak dibidang sosial, sehingga dapat menciptakan generasi mandiri dalam konteks kemandirian ekonomi dan kesetiakawanan sosial. Terutama, sambungnya, karena posisi karang taruna sangat strategis terkait pemberdayaan sosial dan pemberdayaan dibidang kemandirian ekonomi bagi desa.

"Saya mengapresiasi dengan dikukuhkannya kepengurusan Karang Taruna Pusaka Nenggala. Saya berharap, dengan kepengurusan baru memiliki semangat baru, dan memunculkan semangat pengabdian yang tinggi, baik untuk organisasi maupun pembangunan di Desa Nanggela sendiri," ungkap Wabup.

Acara yang digelar di Aula Kantor Pemdes Nanggela tersebut, turut dihadiri Kepala Desa Nanggela Daman, Ketua Karang Taruna Pusaka Nenggala Mahdar Wijaya Sakti, lembaga desa, tokoh masyarakat, serta seluruh pengurus karang taruna setempat. (BID IKP/DISKOMINFO)

Share