Wabup : Pengentasan Kemiskinan Tanggung Jawab Kita Bersama

Kategori: 

KADUGEDE,- Pemerintah terus berkomitmen mengatasi kemiskinan di masyarakat. Hal ini pun perlu peran aktif dari berbagai pihak, seperti kalangan swasta, organisasi kemasyarakatan, akademisi, dan kalangan politik karena kemiskinan dan ketimpangan adalah permasalahan bersama.

Hal itu, disampaikan Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda, SH., M.Si dalam kegiatan Pelantikan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Tingkat Kecamatan Kadugede dan Nusaherang, Senin (7/12/2020) di Aula Kecamatan Kadugede.

Pemerintah, lanjut Wabup, terus berusaha melakukan percepatan menanggulangi dan mengentaskan kemiskinan, salah satunya dengan membentuk TKPK tingkat kecamatan. Dimana hal tersebut, sambungnya, sebagaimana diamanatkan dalam Perpres Nomor 15 Tahun 2010 yang kemudian ditindak lanjuti dengan Keputusan Bupati Kuningan Nomor 463.3 Tahun 2010 tentang Pembentukan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Kuningan.

“Pertimbangan dari dibentuknya TKPK tingkat kecamatan ini adalah dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Kuningan perlu dilaksanakan koordinasi dan kolaborasi antar lintas sektor dan pemanggu kepentingan secara terpadu dan berkesinambungan sampai level bawah,” tuturnya.

Lebih lanjut Wakil Bupati Kuningan memaparkan, sebelum terjadinya pandemi Covid-19, angka kemiskinan di Kabupaten Kuningan berdasarkan data BPS dari tahun 2015 hingga 2019 terus mengalami penurunan dari 12,22 persen ke 11,41 persen. Namun pada tahun 2020 setelah terjadinya pandemi Covid-19 yang berdampak besar terhadap perekonomian nasional bahkan sampai tingkat daerah, angka kemiskinan di Kabupaten Kuningan meningkat menjadi 12,82 persen.

“Kita yakin, pangkal persoalan peningkatan kemiskinan ini bermula dari banyaknya masyarakat yang mengalami penurunan pendapatan, bahkan kehilangan pekerjaan. Terlebih mereka yang masuk dalam kategori miskin maupun rentan miskin. Apalagi sebagian besar mata pencaharian masyarakat Kuningan pada sektor informal dan mereka sangat terpukul akibat Covid-19,” ucapnya.

Sebagai Ketua TKPK Kabupaten Kuningan, Wabup berharap, dengan dibentuknya TKPK tingkat kecamatan dapat bersama-sama melakukan upaya percepatan kemiskinan di Kabupaten Kuningan, sehingga Visi “Kuningan MAJU” (Makmur, Agamis, Pinunjul Berbasis Desa Tahun 2023) dapat terwujud.

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Kadugede, Camat Nusaherang, dan seluruh anggota TKPK kecamatan. (Bid/IKP/Diskominfo)

Share