Wabup : Pentingnya Budaya Literasi Dalam Membangun Kualitas Bangsa

Kategori: 

JALAKSANA,- Budaya literasi sangat berperan dalam menciptakan masyarakat yang cerdas, yang mana nantinya akan membentuk bangsa berkualitas. Oleh karena itu, betapa pentingnya budaya literasi diterapkan kepada generasi-generasi penerus bangsa sejak usia dini.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, saat menghadiri acara Ngabuburead dan Bagi-Bagi Kado Lebaran Untuk Anak Yatim, yang digelar Taman Baca Masyarakat (TBM) Gandok Mahardika Barudaik Kuningan Sadar Maca (Bukusam), di Sei Sapi Sadamantra Resto, Jl. Raya Jalaksana-Kuningan, Jumat (7/5/2021) sore.

“Kualitas suatu bangsa ditentukan oleh kecerdasan dan pengetahuan. Kecerdasan dan pengetahuan dihasilkan oleh seberapa ilmu pengetahuan yang didapat, sedangkan ilmu pengetahuan diperoleh dari informasi lisan maupun tulisan. Oleh karena itu, betapa pentingnya budaya literasi atau kemampuan membaca dan menulis,” tutur Wabup.

Lebih lanjut Wabup mengatakan, penguasaan literasi dalam segala aspek kehidupan memang menjadi tulang punggung kemajuan peradaban suatu bangsa. Karena itulah sudah saatnya, budaya literasi harus lebih ditanamkan sejak usia dini agar anak bisa mengenal bahan bacaan dan menguasai dunia tulis-menulis.

“Saya mewakli pemerintah daerah, mengucapkan terima kasih kepada Kang Ilham dan rekan-rekan dari Bukusam yang terus konsisten di dunia lierasi. Dengan terus mengajak dan memperkenalkan budaya literasi kepada masyarakat, khususnya anak-anak usia dini. Selain itu, saya juga memberikan apresiasi kepada Bukusam, karena selain peduli terhadap ilmu pengetahuan, juga memiliki kepedulian untuk berbagi dan membantu sesama melalui kegitan ini,” imbuhnya.

Sementara, penggagas TBM Gandok Mahardika Bukusam Ilham Akbar Fikrilah, mengemukakan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan merupakan kolaborasi antara pihaknya dengan Sei Sapi Sadamantra Resto. Dimana tujuannya, memberikan edukasi sekaligus menanamkan budaya literasi kepada anak-anak usia dini. Disamping itu, sambungnya, juga dalam rangka berbagi dengan anak-anak yatim.

“Selain itu, acara ini juga dalam rangka memperkenalkan Sei Sapi Sadamantra Resto kepada masyarakat,” jelas Ilham diamini pemilik Sei Sapi Sadamantra Resto, Lutfi. (BID IKP/DISKOMINFO)

Share