Wabup : Peringatan Hari Kartini, Momentum Kebangkitan Perempuan

Kategori: 

KUNINGAN,- Momentum peringatan Hari Kartini hendaknya jangan hanya dijadikan kegiatan seremonial semata, namun harus dijadikan momentum kebangkitan bagi para perempuan, khususnya perempuan yang ada di Kabupaten Kuningan.

“Kartini lahir untuk memperjuangkan kesetaraan gender perempuan, untuk itu selayaknya ibu-ibu yang hadir di sini dan seluruh perempuan di Kuningan turut berpartisipasi dan berperan dalam menentukan arah kebijakan pembangunan di Kabupaten Kuningan, dan berusaha memberikan yang terbaik bagi kemajuan pembangunan daerah,” Tutur Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, saat memberikan sambutan pada acara Peringatan Hari Kartini ke-142, di Pendopo Kuningan, Rabu (21/4/2021).

Lebih lanjut Wabup menuturkan, bahwa Kartini dalam bukunya yang berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang”, telah memberikan banyak inspirasi bagi kaum perempuan untuk terus maju, tanpa meninggalkan fitrahnya sebagai perempuan.

“Tema yang diangkat dalam peringatan Hari Kartini kali ini, diharapkan mampu menjadi inspirasi dan motivasi khususnya bagi organisasi perempuan serta perempuan yang ada di Kabupaten Kuningan dalam membangun, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, agar terbentuk menjadi perempuan yang tangguh, kreatif, dan inovatif dalam berbagai aspek kehidupan,” ujarnya.

Wabup menambahkan, perempuan harus mampu berfungsi sebagai istri yang baik, dan menjadi pendukung suami. Selain itu, sambungnya, perempuan harus mampu berperan sebagai ibu yang baik bagi putra-putrinya.

“Perempuan adalah simbol ketahanan keluarga, sehingga harus mampu mendidik anak-anaknya menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas, berkepribadian, dan berakhlak mulia,” ucapnya.

Wakil Bupati mengakui, dengan adanya emansipasi wanita, kaum perempuan telah mampu menempatkan diri dalam pembangunan yang tidak kalah potensinya dibandingkan dengan laki-laki. “Saya mengakui, perempuan itu jauh lebih kuat dari pada laki-laki. Untuk itu peran perempuan sangat dibutuhkan dalam setiap sendi pembangunan, khususnya di Kabupaten Kuningan,” tandasnya.

Usai memberikan sambutan, Wakil Bupati Kuningan, didampingi Ketua GOW Kab.Kuningan Hj. Rini Sujiyanti, MM, Ketua TP PKK Kab.Kuningan Hj. Ika Acep Purnama, Wakil Ketua TP PKK Kab.Kuningan Hj. Yuana Ridho Suganda, menyerahkan piagan penghargaan kepada Wanita Hebat yang berperan dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Kuningan, dan memberikan bantuan sembako kepada sejumlah ibu rumah tangga yang turut membantu perekonomian keluarga.

Dalam acara yang diprakarsai oleh Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kab.Kuningan, dihadiri pula, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kab.Kuningan, Sejumlah Kepala SKPD, dan pimpinan organisasi wanita di wilayah Kabupaten Kuningan. Adapun tema yang diusung dalam peringatan Hari Kartini ke-142 tersebut yakni, “Dengan Semangat Hari Kartini, Kita Tingkatkan Kualitas Pemberdayaan Perempuan Indonesia. Perempuan Hebat, Ekonomi Kuat Dimasa Pandemi”. (BID IKP/DISKOMINFO)

Share