Wabup : Sinergitas Pemdes Dan Karang Taruna Mampu Wujudkan Inovasi Desa

Kategori: 

NUSAHERANG,- Dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan dan pengembangan desa, diperlukan adanya sinergi antara pemerintah desa (pemdes) dengan para pemuda melalui organisasi Karang Taruna. Dengan kolaborasi ini, diharapkan dapat membangun sebuah desa yang Iebih maju Iewat inovasi dan terobosan para pemuda.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si saat memberikan arahan pada kegiatan Peningkatan Kapasitas Karang Taruna Kabupaten Kuningan Tahun 2021 yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kuningan di Aula Kantor Pemerintah Desa Nusaherang, Kecamatan Nusaherang, Jumat (26/3/2021).

“Karang taruna itu adalah mitra pemerintah desa dan tugasnya adalah membantu Kepala Desa dalam menjalankan tugasnya melaksanakan berbagai program pembangunan, terutama dalam hal pengentasan kesenjangan sosial masyarakat,” jelas Wabup.

Untuk itu Wabup meminta, karang taruna sebagai organisasi sosial dalam lingkup desa yang beranggotakan pemuda harus ikut berperan aktif terhadap pembangunan di wilayahnya. Oleh karena itu sambungnya, karang taruna harus berdampingan dengan pemerintah dan komponen masyarakat Iainnya untuk pengembangan potensi generasi muda di desa dalam rangka pembangunan desa ke arah yang lebih baik.

"Karang taruna harus bisa menghidupkan peran serta pemuda dalam pembangunan desa melalui berbagai kegiatan sosial dan pemberdayaan masyarakat," ujar Wabup.

Selanjutnya, Wabup mengatakan, bahwa karang taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomi produktif, salah satunya dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia di lingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang ada.

"Karang taruna harus melaksanakan fungsi sosialnya sebagai manusia pembangunan yang mampu mengatasi masalah sosial di lingkungannya, sehingga tujuan pembangunan di desa dapat tercapai. Apalagi di era globalisasi dan digitalisasi, para pemuda harus berada di garda terdepan membantu pemerintah desa, karena era revolusi industri 4.0 sekarang ini adalah eranya generasi muda," tegas Wabup.

Wabup menekankan, karang taruna diharapkan dapat menjadi pelopor pembangunan di desa dengan memberikan program-program yang inovatif dan solutif, sehingga peningkatan kesejahtaraan sosial bagi warga desa pada umumnya dan khususnya pemuda dapat terwujud.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Sosial Kab.Kuningan Drs. Dudy Budiana, Sekretaris DPMD Kab.Kuningan, Drs. Ade Priyatna, Kepala Desa Nusaherang, 47 pengurus karang taruna desa dari Kecamatan Nusaherang, Kadugede, Cigugur, Ciniru, dan Kecamatan Hantara. (BID IKP/DISKOMINFO)

Share