Wabup : UMKM Motor Penggerak Ekonomi Kerakyatan

Kategori: 

KRAMATMULYA,- Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan motor penggerak utama ekonomi kerakyatan di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, saat melakukan kunjungan ke UMKM Binangkit, Desa Cikaso, Kecamatan Kramatmulya, Kamis (16/12/2021) siang.

Menurut Wabup, UMKM menjadi motor penggerak ekonomi kerakyatan karena sektor ini mampu menyerap banyak tenaga kerja, sehingga tidak dibutuhkan industri-industri besar di Kabupaten Kuningan dalam mendongkrak dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Dengan dukungan berbagai program, saya optimistis, kedepan UMKM di Kabupaten Kuningan dapat semakin maju dan berkembang. Karena UMKM merupakan sektor ekonomi yang mampu bertahan dalam situasi yang sangat sulit,” ujarnya.

Dikatakan Wabup, saat ini peran UMKM adalah menjadi salah satu tombak pembangunan ekonomi nasional. Untuk itu, dalam mengembangkan usahanya, para pelaku UMKM diminta dapat memanfaatkan teknologi informasi, melalui berbagai platform media sosial yang tengah berkembang.

“Bahkan, sudah banyak pelaku UMKM adalah orang-orang yang saat ini memanfaatkan platform media sosial, tujuannya tidak lain untuk memasarkan produk atau jasa yang dimiliki. Harapan kita semua, UMKM di Kabupaten Kuningan kedepannya dapat semakin maju untuk mewujudkan masyarakat mandiri dan sejahtera,” harapnya.

Sementara itu, Ketua UMKM Binangkit Udin Jaenudin mejelaskan, UMKM Binangkit terbentuk diawali dari inisiatif para alumni Balai Latihan Kerja (BLK) Disnakertrans Kabupaten Kuningan yang memiliki keinginan yang sama untuk membentuk dunia usaha.

Dikatakan Udin, saat ini UMKM Binangkit tengah menyususn AD/ART dan berbagai program kegiatan, dengan Visi “Berani Untuk Berinovasi dan Berkarya. “Adapun Misi dari UMKM Binangkit adalah menciptakan para pelaku usaha yang kreatif, inovatif, produktif, dan sejahtera,” singkatnya. (BID IKP/DISKOMINFO)

Share