Wakil Bupati Kuningan Buka Kegiatan TMMD Imbangan di Desa Tugumulya

Kategori: 

KUNINGAN,- Wakil Bupati Kuningan H. M. Ridho Suganda, SH., M.Si. membuka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Imbangan Ke - 133 TA 2022 Kodim 0615/Kuningan di Desa Tugumulya Kecamatan Darma.

“Sebagai organisasi vertikal, TNI maupun Polri memiliki tupoksi menjaga kedaulatan, keamanan dan ketentraman masyarakat dan TMMD ini adalah bentuk kepedulian TNI di luar tugas pokok dan fungsinya,” kata Wabup, Rabu (11/05/2022).

TMMD Imbangan di Desa Tugumulya  ini, TNI bakal membuka jalan di pedalaman Desa Tugumulya, Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan. Tentara yang akan dikerahkan bekerja pada program TMMD Imbangan tersebut berupa rabat beton untuk membuka akses jalan baru sepanjang 1.223 meter dengan lebar 2,5 meter. 

Dalam sambutanya Wabup menyampaikan, salah satu permasalahan yang berkembang di masyarakat saat ini adalah semangat kegotongroyongan dan kebersamaan yang cenderung menurun, sehingga untuk mengatasinya perlu dilakukan langkah-langkah konkret dari semua pihak.

Melihat permasalahan tersebut tni sebagai bagian dari masyarakat mempunyai tugas dan kewajiban untuk berupaya menguatkan kembali rasa kebersamaan dan kegotongroyongan masyarakat, salah satunya yaitu melalui kegiatan TNI manunggal Membangun Desa (TMMD).

Lebih lanjut Wabup menyampaikan kegiatan TMMD yang telah berjalan dari waktu ke waktu sebagai pendekatan pembangunan, tentunya berkaitan dengan kebijakan pembangunan dari aspek pemberdayaan masyarakat, dengan tujuan selain untuk penyediaan sarana prasarana fisik, juga bertujuan untuk terjalinnya kemanunggalan antara TNI dengan rakyat.

Masih di Katakan Wabup, proses perencanaan TMMD disusun dengan sistem “bottom up planning”, yang melibatkan berbagai instansi dan komponen masyarakat, yang secara hierarkis diawali dengan musyawarah di tingkat desa, kecamatan, kabupaten, hingga provinsi, dan selanjutnya ditetapkan sasaran kegiatan TMMD.

“ Dalam konteks kepentingan pembangunan, kegiatan tmmd merupakan sarana untuk membantu pemerintah dalam memberdayakan masyarakat, mengatasi kesulitan yang terjadi di daerah serta meningkatkan akselerasi pembangunan desa dalam rangka mendukung pembangunan nasional” terang Wabup Ridho.

Selain  itu Wabup Ridho juga menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur, sarana prasarana bagi masyarakat tentu akan sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas kehidupan masyarakat. sebagai contoh pembangunan akses jalan yang akan kita bangun, diharapkan akan semakin meningkatkan kualitas transportasi serta memperlancar urat nadi ekonomi  khususnya  di wilayah Desa Tugumulya Kecamatan Darma.

Hal ini  akan berdampak kepada proses pengangkutan  hasil bumi, proses distribusi barang maupun jasa di wilayah tersebut akan semakin baik sehingga berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam rangka akselerasi ekonomi dan pembangunan desa menuju ketahanan wilayah yang tangguh, sambung Wabup Ridho.

“ saya mengucapkan terima kasih atas nama Pemerintah Daerah dan pribadi memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas partisipasi semua pihak, khususnya kepada saudara dandim 0615 kuningan beserta seluruh jajarannya, sehingga kegiatan TMMD Tahun 2022 di Kabupaten Kuningan diharapkan dapat dilaksanakan dengan aman, lancar dan tertib disertai lindungan dan ridho dari allah swt. Aamiin” Ungkap Ridho.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Dandim 0615 Kuningan Letkol Czi David Nainggolan menerangkan kegiatan ini kita laksanakan selama 30 hari walaupun pelaksanaannya 3 bulan yang lalu sudah kita buka jalannya dan ini bisa dijadikan sebagai contoh di Kabupaten Kuningan. Kenapa sebagai contoh? Karena Kita sudah pernah melaksanakan pembuatan jalan di Selajambe sampai sekarang jalan yang kita buat kemarin dengan masyarakat masih bagus belum ada yang pecah sudah hampir setahun. 

“ Nah ini mungkin sebagai contoh kedua, contoh kedua ini juga kita buat kita rabat beton kita kasih wermes bambu. Wermes bambu dari mana? Saya juga sudah membaca internet, sudah saya kerjakan, saya kerjakan  juga di Papua, saya kasih contoh juga disini dan mudah-mudahan setiap ada TMMD Imbangan  ini harus dilaksanakan. Supaya masa kekuatan jalan itu bertambah. Bertambahnya bukan 6 bulan bisa sampai setahun, sudah kita kasih contoh, kemarin sudah kita kerjakan 12 titik gorong-gorong dan 3 jembatan sudah selesai dan sekarang tinggal pelaksanaannya” Jelas David.

Dikatakan Dandim 0615, nilai utama dari TMMD imbangan ini yang utama itu kebersamaan antara aparat TNI khususnya kepada masyarakat. Saya sebagai Dandim disini yang saya rasakan untuk bekerja sama dengan masyarakat kabupaten Kuningan itu indah, mudah dikendalikan yang tidak kita dapatkan di tempat lain.

“ Jadi itu yang membuat saya masuk-masuk desa itu ada kesenangan tersendiri karena masyarakatnya mudah dikendalikan, enak diajak kerjasama. Jadi sehingga mungkin saya sudah buat jalan sekitar penembusan jalan total 20 km saat ini, rencana saya sebelum saya pindah target 30 km karena di sindangjawa saat ini sudah ada 5km yang sudah kita buka, berarti saya masih  ada hutang 5 km lagi minimal. Untuk itu terima kasih kepada masyarakat terutama tugumulya yang sudah bekerja sama dan sudah membantu kita terima kasih juga kepada aparat Kapolsek, para staf nya para jajaran pemerintahan yang mendukung” Pungkas Dandim.

Usai sambutan, Wakil Bupati Kuningan H. M. Ridho Suganda, SH., M.Si. bersama Dandim 0615 dan para pejabat forkopimda lainnya langsung meninjau lokasi Rabat Beton dengan menggunakan kendaraan motor trail.(Bid IKP/Diskominfo)

 

 
Share