Wisuda Ke-25 Uniku, Bupati Ingin Uniku Jadi Universitas Terbaik di Indonesia

Kategori: 

Kuningan ,- Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH hadiri Wisuda ke-25 Universitas Kuningan Tahun 2020 di Kampus I Universitas Kuningan, Rabu (16/12/2020). Sebagai generasi muda yang menyandang Predikat Sarjana baik Strata 1 ataupun Strata 2 merupakan generasi penerus dan kader pemimpin yang akan memikul dan meneruskan perjuangan bangsa. Serta hakikat seorang pemimpin harus memiliki pandangan yang jauh ke depan, yang artinya dalam kiprah pembangunan bangsa dan negara harus bekerja keras, profesional, memiliki loyalitas tinggi dan memegang teguh kejujuran serta mampu melihat berbagai interaksi dan mengambil posisi, sikap dan pandangan yang tepat dan akurat.

dalam sambutanya Bupati menyampaikan bahwa presiden republik indonesia dan wakilnya merupakan seorang entrepreneur sejati. begitu pun Bupati yang berlatar belakang dari seorang entrepreneur, maka dari itu kemajuan suatu negara tergantung dari jumlah entrepreneur, karena syarat negara maju adalah harus ada minimal 2% wirausahawan dari total jumlah penduduknya.

Peran perguruan tinggi salah satunya meningkatkan jumlah dan mencetak lulusan yang memiliki jiwa wira usaha, oleh sebab itu Bupati berharap Universitas Kuningan melahirkan wisudawan yang akan menjadi pengusaha dan pemimpin muda yang tangguh dengan menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan di kalangan pemuda dan mahasiswa guna meningkatkan perekonomian daerah.

dalam kesempatan ini juga Bupati mengingatkan bahwa tingkat pengangguran di kalangan akademisi strata 1 yang masih tinggi harus disikapi dengan solusi aktif. seorang lulusan perguruan tinggi, sudah tidak masanya lagi menjadi pelamar kerja, akan tetapi harus mampu menjadi penyedia lapangan pekerjaan atau pengusaha.

“Sebagai alumnus Universitas Kuningan keberhasilan saudara yang diwisuda pada kesempatan ini, dari segi kegiatan formal di bangku kuliah sudah selesai, namun yang lebih berat dan penuh tantangan adalah usaha saudara dalam membangun diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara sesuai dengan keahlian masing-masing. kiprah dan kontribusi saudara menjadi suri tauladan dan wujud bakti pada bumi pertiwi serta tunjukan diri saudara sebagai alumnus universitas kuningan yang dapat dibanggakan, sebagai pemikir dan pelaku pembangunan di kabupaten kuningan khususnya serta bagi bangsa dan negara indonesia pada umumnya.” Ujar Bupati. 

Tantangan tersebut  yang akan di hadapi setelah terjun di masyarakat, dengan kemampuan yang dimiliki hendaknya dimanfaatkan untuk mewujudkan peningkatan sumber daya sebagai salah satu pilar dalam pembangunan, serta dengan gelar akademik yang telah di raih raih berarti telah memiliki kesempatan lebih luas untuk berkiprah, meniti karier dan menatap masa depan yang lebih baik, berguna dan bermanfaat terutama bagi wisudaan sendiri, keluarga, agama serta bangsa dan negara.

Bupati berkeinginan, Universitas Kuningan menjadi salah satu Universitas terbaik di Indonesia, apalagi saat ini telah mencanangkan diri Kuningan menjadi Kabupaten Pendidikan. hal ini merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Kuningan terhadap pembangunan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan bermartabat, sehingga menjadi tujuan dalam melanjutkan pendidikan anak-anak bangsa.

dalam kesempatan ini juga bupati mengucapkan selamat kepada universitas kuningan yang pada beberapa waktu lalu berhasil menjadi Juara 3 Tingkat Nasional dalam Ajang Festival Film Mahasiswa Indonesia, semoga torehan prestasi ini terus menjadi motivasi untuk kita terus berkarya.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Kuningan menyampaikan ucapan terima kasih setinggi-tingginya kepada Dekan, Guru Besar, Dosen dan Civitas Akademika Universitas Kuningan atas dedikasi, profesionalisme, loyalitas, pengabdian dan kerja keras dalam mendidik, mengajar serta membimbing sehingga pada hari ini telah menghasilkan lulusan yang siap mengabdi kepada bangsa dan negara. dan kepada para wisudawan dan wisudawati sekali lagi saya ucapkan selamat dan penghargaan yang tinggi atas keberhasilan yang dicapai.” pungkasnya

serta untuk menciptakan nilai kemakmuran agar tidak ada lagi kesusahan untuk menjadikan kuningan maju dan makmur, nilai agama menentukan dalam langkah, dan pemanfaatkan SDM  serta SDA untuk kuningan maju dan menuju Universitas Kuningan yang profesional.

acara tersebut di hadiri Koordinator Kopertis Wilayah IV Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Ketua dan Pengurus Yayasan Sang Adipati Kuningan, Rektor Uniku dan Seluruh Civitas Akademika Universitas Kuningan, serta Wisudawan dan Wisudawati. (bid/ikp/diskominfo) 

 

Share