Wujudkan Kebijakan Satu Peta, Kelurahan Di Kuningan Akan Sepakati Batas Wilayah

Kategori: 

KUNINGAN-Sebagai wujud dukungan terhadap kebijakan satu peta program prioritas pemerintah pusat. Usai penetapan batas desa, Pemerintah Kabupaten Kuningan bahas juga batas kelurahan  di  Forum Group Discussion (FGD)  yang dipimpin Sekda Kuningan, Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si. di Ruang Rapat Linggarjati  Kamis (17/3/2022).

Sekda Kuningan menuturkan, Pelaksanaan Penetapan dan penegasan Batas Kelurahan berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 45 Tahun 2016 tentang Pedoman Penetapan dan Penegasan Batas Desa serta Peraturan Bupati Nomor 5 Tahun 2019 tentang Panduan Pelaksanaan Penetapan dan Penegasan Batas Desa/Kelurahan di Kabupaten Kuningan.

Sekda Kuningan sekaligus Ketua Tim Penetapan dan Penegasan Batas Desa/Kelurahan Kabupaten Kuningan menyampaikan, Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan telah melakukan Penetapan dan Penegasan Batas Desa secara mandiri menggunakan alokasi dana desa di 30 Kecamatan dan 319 Desa.

“Mari kita bersama-sama untuk berkomitmen agar Penegasan Batas Kelurahan lebih terarah sehingga pelaksanaannya  berjalan lebih efektif dan efisien sesuai dengan standarisasi peta Permendagri 45 Tahun 2016,” ujarnya.

“Dengan segala proses yang akan ditempuh bersama, saya mengucapkan terima kasih atas dukungan untuk kegiatan penetapan dan penegasan batas kelurahan ini . Sehingga Kuningan menjadi salah satu kabupaten terdepan dalam mendukung Perpres nomor 23 tahun 2021 tentang percepatan pelaksanaan kebijakan Satu Peta,” tandasnya.

Dia menerangkan, tujuan dari disepakatinya soal batas kelurahan  di antaranya menjamin kepastian hukum batas administrasi  dan kepastian luas wilayah kelurahan, terkait perizinan, perencanaan pembangunan yang lebih efektif dan lainnya. (IKP/DISKOMINFO)

 

 

Share